Hingga H-3, Arus Mudik di Pelabuhan Merak Masih Lancar

Lonjakan kendaraan pada puncak arus mudik di tol Tangerang Merak pada Sabtu (1/6/2019) H-4 hingga H-3,Minggu (2/6/2019) dinihari, tidak seperti yang diperkirakan berbagai pihak. Hingga pukul 24.00, lalu lintas di pintu tol Merak masih terlihat lancar.

Berdasarkan pantauan, kepadatan di pintu keluar tol Merak tidak terlalu signifikan. Kemudian, distribusi kendaraan menuju Pelabuhan Merak pun masih terlihat lancar, antrean kendaraan di jalan Cikuasa Atas tidak terjadi. Kondisi itu berbeda jika dibandingkan dengan masa puncak arus mudik tahun lalu, dimana antrean kendaraan terjadi dari pelabuhan hingga Cikuasa atas.

Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS) Kris Ade S menjelaskan, secara kuantitatif, jumlah kendaraan yang keluar dari pintu tol Merak dan menuju Pelabuhan Merak mengalami peningkatan. Dimana, dari data yang dimiliki PT MMS, dari H-10 hinga kemarin sebanyak 81.454 kendaraan keluar dari pintu tol Merak. Sedangkan di tahun 2018 hanya sebanyak 77.673.

“Kalau dibandingkan dengan trafic hari biasa peningkatan lalu lintas kendaraan mencapai 40 persen,” ujar Kris kepada wartawan.

Baca:

Ia melanjutkan, lancarnya lalu lintas di tengah-tengah meningkatnya jumlah kendaraan yang melintas dikarenakan sejumlah hal, misalnya dengan selesainya ruas jalan tol di Sumatera yang telah mencapai Palembang. “Kemudian, karena ada keinginan untuk mendapatkan pengalaman baru dan di moda angkutan lain tarifnya lebih tinggi,” ujarnya didampingi  Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo dan Kadis Perhubungan Tri Nurtopo.

Karena faktor-faktor itu, menurut Kris, distribusi kendaraan bisa menjadi lancar dan tidak ada antrean kendaraan yang mengular panjang. “Informasi terakhir sampai pukul 23.00, di Cikupa ekor antrian hanya sekitar 1 kilometer, gak jauh berbeda dengan di Merak,” ujarnya.

Kris berharap lancarnya arus mudik bisa bertahan hingga masa arus balik nanti sehingga kondisi arus mudik tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. “Yang penting setiap hari kendaraan yang keluar sama rata, gak ada hari yang dominan,” paparnya. (yono)

Berita Terkait