Sosial

Ini 12 Ciri Orang Licik, Waspadai Orang di Sekitar Kita

Sangkuni merupakan tokoh antagonis yang digambarkan memiliki sifat licik luar biasa dalam kisah Mahabrata. Sangkuni atau Sengkuni dalam pewayangan diceritakan sebagai orang licik yang selalu menghasut Korawa untuk memusuhi Pandawa, dan berhasil merebut Kerajaan Indrapashta milik Pandawa melalui permainan dadu.

Nama Sangkuni itu sering disematkan pada orang yang memiliki sikap licik dalam kehidupan seharip-hari. Orang yang bersifat mau menang sendiri (egois), tak jarang melakukan tindakan yang melampaui batas, termasuk etika untuk mencapai hasratnya.

Dari berbagai sumber disebutkan, ciri-ciri orang licik yang seharusnya dihindari di antaranya;

1. Tidak Senang Orang Bahagia

Orang licik tidak senang orang lain bahagia. Mereka iri dan mucnul dalam bentuk komentar buruk dan menyakitkan. Mereka berharap kebahagiaan orang itu hilang. Bahkan harapan itu diikuti dengan tindakan untuk menghilangkan kebahagian orang tersebut.

2. Bahagia Melihat Orang Kesusahan

Ciri-ciri lainnya yang mudah terlihat adalah merasa gembira bila orang lain di sekitarnya sedang merasa kesusahan ataupun mengalami musibah. Bahkan rasa gembiranya itu sangat terlihat dari raut wajah serta kata-katanya.

3. Sering Menggunakan Jalan Pintas

Orang-orang yang memiliki karater licik senang sekali menggunakan jalan pintas untuk mencapai tujuan. Mereka akan menghalalkan segala cara untuk membuat keinginannya tercapai.

Tak hanya itu, Mereka tidak ingin melalui sebuah proses yang benar dan panjang. Malahan, tujuannya dapat terealisasikan dengan cepat. Tentu saja ini akan merugikan orang lain di sekitarnya yang memang berusaha dengan sungguh-sungguh.

4. Menghalalkan Segala Cara

Senang menggunakan jalan pintas untuk meraih tujuan dan menghalalkan segala cara termasuk perbuatan yang buruk seperti menipu, berbohong, mengelabui, dan hal-hal yang merugikan orang lain. Mereka tak pernah kehabisan ide untuk mendapatkan hal-hal yang menjadi keinginannya Mereka tidak peduli dan tidak menahu dengan akibat perbuatannya tersebut.

5. Nafsunya Tak Pernah Berujung

Orang-orang yang memiliki sifat licik, nasfunya tidak akan pernah ada habisnya. Mereka selalu ingin melakukan semua hal yang dapat memuaskannya bahkan tanpa pertimbangan yang matang.

6. Posisi Ingin Selalu di Atas

Mereka yang memiliki sifat licik, akan selalu menginginkan jika dirinya menjadi nomor satu. Mereka tidak memperdulikan kemampuan apa yang dimilikinya. Meskipun kemampuannya tidak seberapa, mereka akan sellau menginginkan jadi yang teratas. Apapun akan dilakukannya untuk dapat menyingkirkan orang lain di sekitarnya yang sekiranya dapat menghalangi ambisinya.

7. Ingin Mencelakai Orang Lain

Ciri ciri lainnya adalah selalu memiliki pikiran dan rencana negatif yang mana bertujuan untuk menghalangi orang lain di sekitarnya agar jatuh atau gagal. Bahkan mereka juga dapat bertindak di luar batas dan melakukan cara apapun yang membuat orang lain menderita meskipun itu tidak sportif. Mereka juga bahkan tidak segan menggunakan orang lain untuk dapat mencapai tujuan buruknya.

8. Pandai Menipu

Untuk menjalankan semua rencana-rencana negatif yang dimilikinya, orang-orang yang bersifat licik tentu saja akan melakukan hal apapun untuk mencapainya termasuk dengan menipu. Orang-orang dengan karakter yang licik memang senang menipu dan berbohong serta sangat pandai bersilat lidah sehingga orang-orang lain di sekitarnya merasa tertipu.

9. Mendekat Jika Membutuhkan

Orang-orang yang licik akan mendekat pada anda, namun akan menjauhkan diri jika memang tidak membutuhkan anda. Bahkan yang terparahnya, mereka bisa saja menceritakan segala keburukan dan memfitnah anda dihadapan orang-orang lainnya. Mereka tidak memperdulikan hal-hal baik apa yang anda lakukan selama berteman dengannya.

10. Memiliki Banyak Alasan

Orang-orang berkarakter licik selalu memiliki banyak alasan, entah tentang diri nya ataupun orang lain. Pada saat permasalahan datang, mereka selalu memberikan bermacam-macam alasan tak tidak tahu bagaimana cara menyelesaikannya. Namun semua itu ditutupi dengan sifat kesombongan yang dimilikinya

11. Pendengki

Orang-orang yang memiliki sifat licik tak pernah satupun harinya tak merasa dengki dan iri hati. Hati mereka selalu busuk, mereka selalu iri melihat orang lain di sekitarnya bahkan yang belum tentu mereka kenal.

12. Mengadu Domba

Mereka pun senang mengadu domba orang lainnya, agar dapat mencapai tujuan yang diinginkannya. Mereka tak peduli dengan resiko yang ada. Bahkan juga tak peduli dengan orang lainnya. Selama hal itu bisa memuaskan keinginannya, maka mereka akan melakukannya dengan senang hati.

(Dari Berbagai Sumber / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button