Peristiwa

Ini Update BPBD Banten Soal Kerusakan 2 Gempa Berpusat di Sumur

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten hingga Minggu (16/1/2022), pukul 16.00 WIB mencatat, dampak gempa yang terjadi 14 Januari 2022 yang berpusat di Sumur mencakup 4 wilayah. Yaitu Kabupaten Pandeglang, Lebak, Serang dan Tangerang.

Dari keempat wilayah, dampaknya tersebar pada 54 Kecamatan dan 209 Desa/Kelurahan. Namun, dinyatakan sudah tidak ada pengungsi pada area terdampak tersebut.

“Warga yang rumahnya terkena dampak numpang di rumah sanak saudaranya yang tidak terkena dampak,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi Banten, Nana Suryana.

Untuk jumlah rumah yang rusak berdasarkan pendataanya sampai petang tadi mencapai 2.449 rumah,” tambahnya. Sebanyak 1.587 rumah rusak ringan, 488 rusak sedang dan 374 rumah rusak berat.

Menurut BMGK, dua kali gempa itu tercatat 6,7 dan 5,7 magnito yang berpusat di Sumur, Kabupaten Pandeglang pada tanggal 14 Januari 2022.

Menurut Nana, gempa itu menyebabkan sekolah yang rusak mencapai 44 unit, 14 Puskesmas, 9 sarana ibadah, 4 kantor pemerintahan dan 3 tempat usaha.

Tambahan jumlah kerusakan itu berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan oleh tim BPBD di daerah, termasuk di Kabupaten Tangerang yang ditemukan 3 (tiga) rumah rusak sedang pada dua Kelurahan/Desa yang terbagi dalam dua kecamatan.

Sebelumnya, dua kali gempa terjadi di daerah Sumur, Kabupaten Pandeglang, Jumat (14/1/2022). Demikian catatan Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) (Baca: 2 Gempa Terjadi di Sumur, Sejumlah Rumah Rusak di 15 Kecamatan).

Gempa pertama terjadi pada pukul 16. 04 WIB berkekuatan 6,7 magnito dari kedalaman 10 Km. Sedangkan pusat gempa sejauh 52 Km dari daerah Sumur.

Gempa kedua terjadi pada pukul 16.49 WIB berkekuatan 5,7 magnito dari kedalam 10 Km dan jarak pusat gempa 54 Km dari daerah Sumur.

Gempa pertama yang berkekuatan 6,7 magnito dirasakan di Cikeusik, Panimbang, Labuan, Sumur, Tangerang Selatan, Lembang, Kota Bogor, Pelabuhan Ratu, Kalianda, Bandarlampung, Anyer, Jakarta, Kota Tangerang, Ciracas, Bekasi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bogor dan Kotabumi.

Sedangkan gempa kedua berkekuatan 5,7 magnito dirasakan di Tangerang Selatan, Pelabuhan Ratu, Bandarlampung dan Kota Tangerang. BMKG menyebutkan, kedua gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami. (Rilis Biro Adpim Banten / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button