Inilah Mukjizat Nabi Muhammad SAW

Foto: Istimewa

Nabi Muhammad SAW memiliki mukjizat atau kemampuan yang luar biasa yang diberikan Allah untuk membuktikan kenabiannya. Seorang ahli hadist dari Suriah, Imam Nawawi, memaparkan sejumlah mukjizat yang dimiliki oleh utusan Allah yang paling mulia tersebut. Untuk diketahui, Imam Nawawi telah menelurkan berbagai karya dari mulai buku-buku tentang hadist, teologi, biografi, dan filosofi hukum. Salah satu karyanya, ialah buku ‘Al-Nawawi’s Forty Hadith’ dan The Meadows of the Righteous.

Berikut sejumlah mukjizat yang dimiliki Rasulullah yang diceritakan oleh Imam Nawawi, seperti dilansir dari Muslim Village:

  1. Alquran al Karim. Alquran adalah mukjizat yang paling nyata dan jelas. Tidak ada seorang pun yang bisa memalsukan Alquran. Karena Alquran adalah wahyu dari Allah yang Maha Agung. Bahkan, kebenaran Alquran ini tidak dapat ditandingi oleh siapapun. Seperti yang terkandung dalam surat Al-Israa’ ayat 88: “Katakanlah: Jika seluruh umat manusia dan jin berkumpul untuk menghasilkan seperti Alquran ini, mereka tidak menghasilkan sejenisnya, bahkan jika mereka saling membantu.”
  2. Air memancar dari sela-sela jemari
  3. Bisa membelah bulan menjadi dua
  4. Pohon-pohon berjalan ke arahnya
  5. Dua pohon yang terpisah jauh berkumpul dan kemudian berpisah lagi
  6. Domba-domba yang mandul dan kering dapat memberi susu
  7. Membuat mata Ali yang meradang menjadi sembuh seketika
  8. Menyeka kaki Abdullah bin Atiq yang membuatnya kemudian sembuh

Baca: Cara Nabi Muhammad Bertutur

  1. Makanan sedikit cukup untuk banyak orang. Saat tiba di rumah Abu Thalhah, Rasulullah mendoakan makanan yang dihidangkan. Diriwayatkan dari Al-Bukhari dan Muslim, saat itu semua sahabat dan Rasulullah yang berjumlah 70 atau 80 orang makan hingga kenyang. Begitu pula dengan keluarga Thalhah.
  2. Rasulullah dirindukan oleh pohon palem
  3. Batu menyapa Rasulullah
  4. Air sedikit menjadi banyak. Diriwayatkan dari Imam Bukhari, dalam sebuah perjalanan, Rasulullah dan para sahabatnya kehabisan bekal air. Lalu, ada seorang wanita yang membawa sedikit air. Rasulullah lantas mengusap kantung air milik wanita tersebut. Para sahabat yang kehausan minum dan saat itu berjumlah 40 orang. Setelah puas minum, mereka mengisi kantung air masing-masing hingga penuh juga.
  5. Rasulullah memberitakan hal-hal gaib yang kemudian terbukti kebenarannya. Berikut beberapa pemberitaan yang disampaikan oleh Rasulullah:

– Rasulullah memberitahukan tempat kematian pada Hari Badar, dengan mengatakan ‘Inilah tempat orang-orang Musyrik dan orang semacam itu’.

– Memberitakan tentang pembunuhan Ubayy bin Khalaf, bahwa sekelompok bangsanya akan melintasi lautan dan Umm Haram ada di antara mereka, dan ini terjadi.

– Memberitakan bahwa kelak Kerajaan Persia dan Romawi akan dikalahkan oleh kaum Muslimin. Selain itu, harta simpanan Persia dan Romawi akan dimiliki oleh kaum Muslimin.

– Memberitakan bahwa Hasan bin Ali akan mendamaikan antara dua partai besar yang berperang dengan Muslim.

– Sa’ad bin Abi Waqas akan hidup sedemikian rupa, sehingga negara-negara akan diuntungkan olehnya dan yang lainnya akan dirugikan.

– Bahwa Najashi telah meninggal saat ia berada di Ethiopia dan Al-Aswad al-Ansi telah terbunuh pada saat berada di Yaman.

– Bahwa kaum Muslim akan melawan orang-orang Turki, yang digambarkan memiliki mata kecil, wajah lebar, dan hidung kecil.

– Bahwa Yaman, Suriah, dan Irak akan ditaklukkan oleh kaum Muslimin.

– Memberitakan bahwa umat Islam akan terdiri dari tiga pasukan tentara, satu tentara di Suriah, di Yaman, dan di Irak.

– Bahwa kaum Muslim akan menaklukkan Mesir, sebuah negara yang terkenal sebagai Al Qirat (negeri tempat pembuatan uang logam). Karenanya, kaum Muslim harus memperlakukan rakyatnya dengan baik, karena memiliki perlindungan (dhimmah) dan hubungan tapi kekerabatan (rahm).

– Bahwa Awais Al-Qarni akan mendatangi kaum Muslim dari pasukan pembantu Yaman, dia akan menderita kusta dan akan sembuh kecuali untuk tempat dirham. Dan dia benar-benar sampai pada masa pemerintahan Umar.

– Bahwa sekelompok bangsanya akan selalu mengetahui kebenaran dan bahwa jumlah umat manusia akan menjadi banyak.

– Bahwa kaum Ansar akan berkurang jumlahnya dan Ansar tidak akan diberi hak mereka (dengan pembagian kekayaan dan kepemimpinan).

– Bahwa umat manusia akan terus mengajukan pertanyaan sampai mereka berkata “Allah menciptakan ciptaannya..”. “Orang-orang akan terus bertanya sampai mereka berkata, ‘inilah Allah yang menciptakan segalanya, tapi siapa yang menciptakan Allah?” (HR. Bukhari dan Muslim).

– bahwa Ruwayfi’ bin Thabit akan hidup lama.

– Bhawa Ammar binn Yasir akan dibunuh oleh sekelompok orang menyimpang.

– Bahwa bangsa Arab akan terbagi menjadi beberapa sekte dan mereka akan saling berkelahi.

– Bahwa api akan keluar dari tanah Hijaz, wilayah di sebelah barat Laut Arab Saudi dan kota utamanya adalah Jedda.

– Rasulullah berkata kepada Thabit bin Qays, “Anda akan hidup dengan diuji, dan anda akan mati sebagai ‘martir’ atau orang berjuang hingga mati demi membela keimanannya. Dan dia dipuji dan mati di Al-Yamamah.

– Rasulullah berkata kepada Ustman, bahwa dia akan menderita oleh pengadilan yang berat. Yang dimaksud dengan pengadilan yang berat ialah dipenjarakan di rumahnya dan dibunuh oleh orang-orang yang melampaui batas.

– Rasulullah mengatakan tentang seseorang di antara umat Islam yang bertengkar hebat bahwa ‘dia berasal dari kalangan penghuni neraka’, dan kemudian dia melakukan bunuh diri. Wabisah bin Ma’bad mendatanginya untuk menanyakan kebenaran dan dosa yang dengannya ia bertanya, “Sudahkah kamu bertanya tentang kebenaran dan dosa?”.

– Dia berkata kepada Ali, az-Zubair dan al-Miqdad, “Pergilah ke taman Khakh, karena memang ada Dha’inah” yang memiliki sebuah buku bersamanya. Dha’inah adalah wanita yang bersama dengan Hasib al Balta’ah yang mengirim surat kepada orang-orang Mekkah untuk memberitahukan rencana Rasulullah untuk memerangi mereka. Hal ini seperti terkandung dalam ayat pertama Surat Mumthahinah. (Taman Khakh adalah tempat yang berada di antara Makkah dan Madinah. (HR. Bukhari dan Muslim dan Tafsir ibn Kathir). Mereka kemudian menemukan wanita itu di taman Khakh. Awalnya, wanita itu enggan mengaku memiliki buku tersebut dan lalu mengeluarkannya dari dalam pakaiannya.

– Rasulullah berkata kepada Abi Hurairah, ketika Setan mencuri beberapa kurma, “Memang dia akan kembali” dan dia melakukannya.

– Rasulullah berkata kepada istrinya “yang paling produktif di antara kamu dalam memberikan sedekah akan menjadi yang tercepat untuk bergabung dengan Rasulullah.” Demikian itu terjadi pada Zaynab binti Jahsh. Dia adalah orang yang paling banyak bersedekah dan orang yang pertama meninggal (HR. Muslim).

– Rasulullah berkata kepada Abdullah bin Sallam, “Kamu akan tetap berada dalam Islam hingga mati.”

– Rasulullah memohonkan kepada Allah untuk Anas, bahwa kekayaan dan anak-anaknya akan meningkat dan bahwa dia harus hidup lama. Hal itu demikian terjadi. Anas hidup lebih dari 100 tahun dan tidak ada satupun dari kaum Ansar yang lebih kaya darinya. Dan 120 anak-anaknya telah dikuburkan sebelum kedatangan Ak-Hajjaj ke Basrah. Hal ini diperinci lebih lanjut dalam hadist riwayat Bukhari dan lainnya.

– Rasulullah memohon agar Islam diperkuat melalui Umar bin al-Khattab atau Abu Jahal. Dan Allah memperkuatnya melalui Umar.

– Rasulullah memohonkan kepada Allah agar Suraqah bin Malik dan kaki kudanya tenggelam ke dalam bumi dan dia terlempar keluar. Dia memanggil dan meminta pertolongan. Kemudian dia meminta nabi untuk mengajukan permohonan kepada Allah untuknya.

– Rasulullah memohon agar Allah menghilangkan rasa panas dingin yang menusuk Ali dan itu dikabulkan oleh Allah.

– Rasulullah memohonkan kepada Allah agar Hudhayfah di malam saat dia mengirimnya untuk menjadi mata-mata, agar ia tidak merasakan kedinginan dan dia tidak kedinginan sampai ia kembali.

– rasulullah memohon kepada Allah agar Ibnu Abbas diberi pemahaman tentang agama.- Rasulullah memohon kepada Allah atas Utbah bin Abi Lahb. Saat itu, Allah membuat satu anhing dari antara anjingnya untuk menyerangnya dan dia terbunuh oleh seeokor singa di az-Zarqa. Adapun Utbah, ia disebutkan menerima Islam pada tahun penaklukkan Makkah.

– Rasulullah memohon turunnya hujan saat terjadi kekeringan. Saat itu, tidak ada satu pun awan di langit dan saat Nabi memohon, awan-awan berkumpul seperti gunung-gunung dan hujan turun hingga hari Jumat berikutnya. Hujan turun dengan deras, sehingga mereka harus memintanya untuk memohon dan menghentikan hujan. Sehingga, Nabi pun berdo’a dan hujan pun berhenti. Mereka lantas berjalan menuju matahari yang menyilaukan.

– Rasulullah memohonkan untuk ibu dari Abu Hurayrah agar ia dibimbing. Abu Hurayrah kemudian pergi dan menemukan ibunya tengah melakukan ritual mandi karena ia telah menerima Islam.

– Rasulullah memohonkan untuk Abu Talhah dan istrinya, Ummu Sulaym, agar mereka diberkahi di malam hari yang mereka habiskan bersama. Umm Sulaym kemudian hamil dan melahirkan Abdullah. Dia memiliki sembilan anak dan semuanya adalah ulama.

– Rasulullah memohon agar Umm Qays binti Muhsin, saudara perempuan dari Ukkasha, bahwa dia menjalani kehidupan yang panjang. Disebutkan, tidak ada wanita lain yang hidup selama dia. Hal ini seperti diriwatkan dari hadist An-Nasa’i.

– Pada Hari Hunain, rasulullah melemparkan segenggam tanah kepada orang-orang kafir dan berkata “semoga wajah mereka menjadi rusak”. Allah kemudian mengisi mata mereka dengan kotoran. Rasulullah pernah pergi kepada 100 orang Quraisyi yang tengah menunggunya untuk menyakiti Rasulullah. Dia lantas meletakkan kotoran di kepala mereka dan terus berjalan tanpa mereka melihatnya. (Dikutip utuh dari republika.co.id)

Berita Terkait