Pemerintahan

Jelang Pilkades, Linmas di Kabupaten Pandeglang Gelar Apel Pengamanan

Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pandeglang pada 17 Oktober 2021, secara serentak Pemkab Pandeglang menggelar Apel Pembinaan Kesiap Siagaan anggota Linmas.

Mereka nantinya akan bertugas membantu pengamanan di Tempat Pemilihan Suara (TPS). Apel dilakukan di masing-masing kecamatan. Salah satunya di Kecamatan Saketi, dan Kecamatan Jiput. Jumat (15/10/2021).

Camat Saketi, Hasan Bisri selaku pemimpin menyampaikan apresiasi terhadap Linmas se-Kecamatan Saketi, karena telah datang untuk melaksanakan apel siaga Pilkades di Pandeglang.

“Anggota Linmas yang melakukan pengamanan di TPS harus peka, dan tanggap dalam pelaksanaan tugasnya untuk menjaga ketertiban,” katanya.

“Kemudian mendahulukan yang lansia, dan ibu hamil serta tetap menjaga protokol kesehatan agar tidak terjadi kluster baru Covid-19, dan tetap melekat menjaga kotak suara dari TPS sampai di desa,” imbuhnya.

Pada kesempatan apel tersebut dilaksanakan pembekalan ilmu pengetahuan, dan latihan baris berbaris agar dalam pelaksanaan tugas pengamanan di TPS bisa maksimal.

Baca Juga:   Pelaksanaan Pilkades Ditetapkan, Kapolres Serang Kunjungi Ketua MUI

Di tempat yang sama, Kapolsek Saketi AKP Heru Ridartono menyampaikan,  Apel Linmas sangat perlu dilaksanakan, sehingga dalam pelaksanaan Pilkades bisa lancar, dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Karena masih adanya Covid-19, tentu sinergitas TNI-polri dan seluruh masyarakat dibutuhkan agar mendukung terciptanya situasi yang aman damai dan lancar,” tutur Kapolsek.

Terpisah, Kapolsek Jiput, AKP Dadan Hamdani mengungkapkan, dalam kegiatan ini dilakukan pengecekan perlengkapan linmas, dan memberikan pelatihan dasar kedisiplinan seperti materi Peraturan Baris Berbaris, dan juga sistem pengamanan lingkungan atau siskamling.

Hak ini untuk menumbuhkan rasa kebersamaan di antara anggota linmas, dan memupuk rasa disiplin tentang tugas pokok serta fungsinya dalam bertanggung jawab terhadap keamanan dan ketertiban desa.

“Kita berikan beberapa materi dasar sepetri, cara baris berbaris, penghormatan yg benar, dalam bentuk ikatan pasukan, dan memberikan himbauan Kamtibmas untuk menjaga keamanan dan ketertiban jelang pemungutan suara pada pilkades tanggal 17 oktober nanti,” kata Kapolsek, di halaman kantor Kecamatan Jiput.

Baca Juga:   "Ngopi Bareng Wae" Diskusi Pilkades Serentak di Kabupaten Serang

Tidak hanya itu, ia juga menyampaikan peran anggota Linmas dalam pengamanan di TPS harus lebih optimal, terutama dalam menjaga Prokes pada pelaksanaan pemungutan suara dimasa pandemi.

“Harapan kami pelaksanaan pilkades serentak khususnya di wilayah Pandeglang bisa berjalan aman, lancar, dan kondusif,” pungkasnya. (Reporter : MH Fathurrohman / Editor : Sofi Mahalali)

SELENGKAPNYA
Back to top button