Sosial

Keluarga Jokowi Bahagia, Cucu Kelima Lahir di RS Pondok Indah

Presiden RI, Joko Widodo atau dikenal Jokowi dan Ibu Iriana menyambut kelahiran cucu kelima di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (25/8/2022). Suasana bahagia terlihat dari keduanya.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tampak tiba di Rumah Sakit Pondok Indah, sekitar pukul 05.50 WIB untuk menantikan kelahiran sang cucu.

Anak ketiga dari pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution itu berjenis kelamin laki-laki dan lahir sekitar pukul 06.39 WIB.

Adik dari Sedah Mirah dan Panembahan Al Nahyan tersebut terlahir sehat dengan berat badan 3,49 kilogram dan panjang badan 48 centimeter melalui operasi caesar.

Setelahnya, sekitar 07.15 WIB, Presiden Jokowi meninggalkan rumah sakit untuk melaksanakan aktivitasnya di Istana Merdeka.

Tim dokter yang menangani jalannya proses persalinan kali ini di antaranya adalah dr. Azen Salim, dr. Agustinus Giri Respati, dr. Christopher Kapuangan dan Prof. Dr Rinawati Rohsiswatmodengan tetap dalam pengawasan Tim Dokter Kepresidenan.

Presiden Joko Widodo hingga Kamis sore ini belum memberitahu nama dari cucu kelimanya. Namun kelahiran cucu kelima ini menurut penanggalan Jawi memang jatuh pada Kamis Pon.

Primbon pada Kamis Pon dikaitkan dengan sifat Mongso Karo dan Wuku Wuyu. Karakternya memiliki cita-cita yang tinggi, memiliki tujuan mulia dan akan bekerja keras mewujudkannya.

Anak ini juga nantinya memiliki pemikiran yang cerdas, serta penuh dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Ditambah ia juga gemar mempelajari hal baru untuk menambah wawasan dan pengalaman.

Kata buku Primbon Jawa, kemampuannya berpikir, rasa bangga pada diri sendiri dan kekayaan yang dimilikinya tak bisa dikontrol, maka bisa menjadi kelemahan dan menghancurkannya.

Ditambah, nantinya ia bukan tipe orang yang tertarik pada urusan orang lain. Tapi akan puas pada pencapaian pribadi dan pemahaman situasi, ia mampu terhindar dari pengaruh orang lain.

Tentu saja buku Primbon Jawa itu boleh dipercaya atau tidak. Dalam kekinian, Primbon ini tak banyak digunakan sebagai panduan yang mutlak.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, primbon didefinisikan sebagai kitab yang berisikan ramalan, buku yang menghimpun berbagai pengetahuan kejawaan, berisi rumus ilmu gaib, sistem bilangan yang pelik untuk menghitung hari mujur, dan mengurus segala macam kegiatan yang penting. (* / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button