Peristiwa

Kemenag Lebak Terima Laporan Calon Haji Tutup Usia

Terdapat laporan satu calon haji Kloter 34 meninggal dunia di Jeddah Arab Saudi akibat sakit. Hal ini disampaikan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebak, pada Senin (27/5/2024).

Badrussalam selaku Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lebak menyampaikan ada satu calon haji yang meninggal dunia yang diketahui namanya Samsiah Sarwan berusia 60 tahun warga Kecamatan Rangkabitung.

Disampaikan Badrussalam, Samsiah diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta Kloter 34 mengalami sakit setelah tiba di Bandara Jeddah, Arab Saudi.

Oleh karena itu, petugas yang membawa calon haji asal Lebak ini langsung dilarikan ke Rumah Sakit King Abdullah Jeddah untuk mendapatkan penanganan medis.

Dalam masa perawatan di RS tersebut, salah satu calon haji yang diberangkatan pada Minggu (26/5/2024) dini hari, di Pendopo Pemkab Lebak meninggal dunia.

Diketahui, Calon haji asal Kabupaten Lebak yang meninggal dunia tersebut bergabung pada Kloter 34, sebanyak 225 orang dan tiba di Jeddah, Senin (27/5).

Badrussalam meminta keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan lantaran semua manusia akan meninggal dunia.

“Semoga keluarga diberikan ketabahan dan kesabaran, karena semua manusia itu akan meninggal dunia,” katanya, dikutip dari Antara, Rabu (29/5/2024).

Sementara itu, jamaah haji yang diberangkatkan ke Tanah Suci, Makkah, untuk kloer 29 sebanyak 430 orang dan kloter 340 ada 225 orang.

Meskipun begitu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lebak baru menerima laporan jemaah yang meninggal dunia hanya satu orang.

Tak hanya itu, dia juga mengimbau kepada jamaah agar menjaga kesehatan fisiknya dan istirahat yang cukup serta mengonumsi makanan yang bergizi.

Untuk jamaah yang mempunya riwayat penyakit tertentu, kata Badru, dirinya meminta mereka harus memperhatikan waktu minum obat dan juga berkomunikasi dengan petugas medis bila dirasakan sakit.

Editor: Abdul Hadi

Abdul Hadi

SELENGKAPNYA
Back to top button