Militer

Kepala Staf AL Letakan Batu Renovasi MI dan Tanam Sorgum

Kepala Staf AL atau Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono meletakan batu pertama revonasi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Fatwa di Desa Parakan Beusi, Kecamatan Bojongmanik, Kabupaten Lebak, Kamis (24/11/2022).

Setelah itu, Laksamana TNI Yudo Margono yang namanya tercantum diusulkan sebagai calon Panglima TNI ini melakukan penanaman sorgum di Kecamatan Cileles.

Kepala Staf AL bersama rombongan menggunakan mobil offroad yang telah disediakan oleh Pengurus Daerah (Pengda) Indonesian Off-Road Federation (IOF) Provinsi Banten saat menuju lokasi peletakan baru pertama pembangunan MI Al Fatwa.

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono saat mendapatkan pengangkatan sebagai warga kehormatan atau dulur Baduy oleh masyarakat adat Baduy.

Usai penghargaan pengangkatan warga kehormatan, Laksamana TNI Yudo Margono kembali ke kantor Kecamatan Bojongmanik, dan melanjutkan perjalanan menuju lokasi penanam Sorgum yang berada di Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak.

Di lokasi penanaman shorgum, KSAL melakukan penanaman bibit shorgum yang dinilai sebagai komoditas alternatif bagi sumber karbohidtrat yang bisa tumbuh baik di Indonesia.

Rilis Biro Adpim Banten menyebutkan, Sorgum merupakan bahan alternatif makanan pengganti beras.

Komoditi ini sudah lama dikenal di Indonesia, hanya saja belum masif mengembangannya. Pada tahun 2019 silam, Pemerintah sudah melakukan pengembangan Sorgum di Lombok Timur.

Disebutkan, melalui Kerjasama dengan TNI Angkatan Laut dan Kadin Banten, Pemprov Banten mulai melakukan pengembangan komoditi Sorgum ini di Provinsi Banten.

Komoditi ini di masa yang akan datang diyakini akan mampu menjaga stabilitas pangan daerah selain jagung, gandum dan ubi. Tanaman ini bisa berkali-kali panen.

Melalui Gerakan Nasional Penanaman Sorgum, TNI Bersama Rakyat Siap Membangun Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat itu menjadi peta jalan dalam rangka melakukan pembangunan di Provinsi Banten.

Rilis Biro Adpim Banten menyebutkan, kondisi perekonomian, inflasi, pengangguran serta kemiskinan Provinsi Banten yang sudah lebih baik. Terkait kondisi perekonomian, Provinsi Banten masih di atas rata-rata nasional yakni sudah mencapai 5,71. Sedangkan pengangguran dan kemiskinan sudah mengalami tren penurunan juga.

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono menambahkan, selama ini pihaknya hanya melakukan program ketahanan pangan laut saja, seperti budidaya ikan.

Setelah ada arahan dari Presiden Jokowi terkait dengan upaya untuk menjaga ketahanan pangan, dirinya langsung memerintahkan jajarannya dari Sabang sampai Merauke untuk mengoptimalkan lahan tidur milik TNI AL.

“Sejak tiga bulan lalu kami sudah mulai melakukan tanam Sorgum ini. Ada yang berhasil ada juga yang tidak karena kondisi lahan yang berbeda-beda, termasuk di Kota Bogor yang sudah berhasil, dimana pada bulan Desember nanti akan melakukan panen raya Sorgum,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, Forkopimda Provinsi Banten, Forkopimda Kabupaten Lebak, Ketua KADIN Provinsi Banten Amal Jayabaya, serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Provinsi Banten dan Kabupaten Lebak.

(* / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button