Musik

Lagu Rang Sikumbang Kembali Dirilis Alif Kota

Herman Hasan, pembuat lagu Rang Sikumbang mempercayakan lagunya dirilis ulang Alif Koto dalam sebuah video pendek yang tayang perdana di Youtube Chanel Alif Koto Productions, Selasa (9/8/2022).

Lagu Rang Sikumbang menyampaikan lagi pesan tentang prosesi pernikahan adat di Minangkabau pada generasi milenial.

Herman Hasan mengatakan, lagu Rang Sikumbang ditulis pada tahun 1974. Setahun setelah itu diproduksi oleh grup band Kolamos (Konco Lamo Sawahan). Pada era 90-an lagu tersebut dirilis oleh Zalmon, Ody Malik, dan banyak penyanyi lainnya.

Dijelaskan, lagu Rang Sikumbang ia tulis terinspirasi dari prosesi adat meminang di suku Minangkabau.

Pada lirik lagu tersebut berkisah bagaimana adat meminang gadis bermarga Sikumbang dengan laki-laki bermarga Chaniago dalam sebuah pinangan adat di Ranah Minang.

Dalam prosesi pernikahan adat di Minangkabau, ada peran ninik mamak dan urang sumando dari kedua belah pihak, mereka bermusyawarah melalui pasambahan dalam bentuk berbalas pantun.

“Melalui lagu Rang Sikumbang saya menyampaikan pesan, terutama untuk generasi milenial, agar mereka tahu dengan kekayaan adat Minangkabau, salah satunya pada prosesi pernikahan adat. Selain itu juga tentang peran penting ninik mamak dan urang sumando dalam peradatan,” kata Herman Hasan.

Pada rilisan kaset pita di era 90-an, lagu Rang Sikumbang berhasil meraih angka penjualan yang signifikan.

Dia berharap versi Alif Koto mendapat tempat di industri musik digital pada era sekarang ini.

“Saya percaya Alif Koto punya kemampuan untuk membawakan karya-karya lagu saya. Sukses itu tergantung rejeki dari Allah SWT. Yang bisa kita lakukan berikhtiar, setelah itu Allah SWT yang menentukan,” kata Herman Hasan.

Sebelumnya Alif Koto telah merilis lagu Diseso Janji, lagu Rang Sikumbang merupakan single ke dua bagi Alif Koto, musiknya diarransemen di studio musik ST22 oleh R doel, salah seorang Arranger sukses di Sumatera Barat.

Herman Hasan suka dengan garapan R doel, karena berhasil mengkomposisi musik lagu tersebut sesuai ketukan lagu dengan arransemen yang begitu apik.

Dalam perjalanan karirnya di dunia musik, Herman Hasan sudah banyak melahirkan karya lagu yang dinyanyikan oleh beragam penyanyi di industri lagu Minang.

Sebagai seniman, ia merasa bahagia karena karya-karya lagunya dapat diterima oleh para penikmat musik. (Muhammad Fadhli / Editor: Iman NR)

Muhammad Fadhli

SELENGKAPNYA
Back to top button