LPTQ Banten Diminta Fokus Membina Qori dan Qoriah

Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Banten diminta fokus terhadap pembinaan qori dan qoriah yang akan disiapkan pada ajang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) 2020. Diharapkan, Banten kembali meraih juara umum pada MTQ tersebut.

Demikian disampaikan Al Muktabar, Sekretaris Daerah (Sekda) Banten saat menerima audien jajaran pengurus LPTQ Banten di Aula Setda Pemprov Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Kamis (13/6/2019).

“LPTQ Banten mempunyai berbagai program, kalau bapak-bapak setuju kita fokuskan pada pembinaan kafilah, kita lakukan pembinaan-pembinaan kepada kafilah banten untuk meraih kembali juara umum yang pernah kita raih,” ujar Sekda yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum LPTQ Banten.

Menurut Sekda, Banten dikenal sebagai daerah yang memiliki qori-qoriah terbaik nasional, namun begitu jika seleksi dan pembinaan yang dilakukan tidak fokus maka banten akan kembali gagal menjadi juara umum. Ia mengharapkan pengurus LPTQ untuk membuat program-program yang lebih kongkret.

Baca:

“Kalau perlu kita undang juara MTQ tingkat internasional. Kita berikan mereka fasilitas di banten, agar mereka memberikan kiat-kiatnya sehingga mereka menjadi juara, kita bisa di terapkan kepada qori maupun qoriah Provinsi Banten,” ucap Sekda.

Sekda menambahkan Pemprov Banten sangat mendukung penuh program dan rencana kerja LPTQ Banten baik dari sisi anggaran maupun fasilitas lainnya.

“Bila bapak-bapak berkenan kita coba masuk pada skema Corporate Social Responsibility (CSR), banyak perusahaa-perusahaan di Provinsi Banten. Mari kita sama sama melakukan koordinasi hal tersebut, kenapa tidak kita lakukan kalau untuk kebutuhan umat,” tegas Sekda.

Ketua Harian LPTQ Provinsi Banten Syibli Syarjaya menjelaskan tujuan utama kedatangan pengurus LPTQ Banten bertemu dengan Sekda Al Muktabar selain silaturahmi sekaligus melaporkan program program yang ada di LPTQ.

“Mengenai program-program LPTQ Banten pada tahun 2019 ini diantaranya yaitu pembinaan kepada kafilah, selain itu kami akan melaksanakan MTQ tingkat pelajar se Provinsi Banten, yang akan di ikuti oleh siswa-siswi SLTA,” Ungkap Sybli.

Selain itu, Syibli melaporkan bahwa Provinsi Banten juga akan mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an Tingkat Nasional (STQN) Tahun 2019. STQ XXV ini akan dilaksanakan akhir Juni hingga awal Juli mendatang Kota Pontianak, Provinsi Kalbar . “Untuk itu kami mohon kepada Bapak Gubernur untuk melapas kafilah Banten pada tanggal 26 Juni nanti,” ujarnya.

“Kami mengharapkan dukungan dari Pemrov Banten maupun masyarakat banten agar pelaksanaan STQ ini berjalan dengan lancar dan kami memperoleh juara umum,” sambungnya. (Subag Peliputan dan Dokumentasi Biro ARTP Pemprov Banten)

IN Rosyadi

Jurnalis at MediaBanten.Com
Menjadi wartawan sejak tahun 1984 pada Harian Umum (HU) Kompas, kemudian mengundurkan diri pada Agustus 1999 dan menjadi wartawan harian sore Sinar Harapan pada tahun 2001 hingga tahun 2015, saat koran sore ini bangkrut. Pengalaman ini memadai untuk menjadi seorang editor yang mumpuni.

Berita Terkait