Hukum

Mabes Polri Buru Bjorka, Identitas Bjorka Sudah Terungkap

Mabes Polri menyebutkan tim gabungan terpadu masih mengusut aksi dugaan peretasan data yang dilakukan oleh Bjorka.

Hal tersebut disampaikan oleh Kadiv Humas, Polri Irjen Dedi Prasetyo menanggapi pernyataan dari Menko Polhukam, Mahfud MD yang menungkapkan hacker Bjorka sudah teridentifikasi oleh Badan Intelijen Negara dan Mabes Polri.

Direktorat Tindak Pidana Siber, Bareskrim Polri ikut tergabung dalam tim terpadu yang dibuat oleh pemerintah untuk mengusut kasus hacker Bjorka.

Dedi mengatakan pihaknya akan memberikan informasi lanjutan jika sudah ada informasi dari penyidik Siber Bareskrim Polri.

“Nunggu updatenya dari Dirtipisiber,”ujarnya.

Sebelumnya, Mahfud mengatakan mengenai hacker dengan nama alias Bjorka sudah diidentifikasi oleh BIN dan Polri.

Namun, dia mengungkapkan pihaknya belum dalam mengumumkan siapa dibalik Bjorka yang selama ini menjadi perbincangan publik.

Hacker bernama Bjorka menyerang sejumlah situs pemerintahan. Dia menjual data hasil pembobolan sejumlah situs pemerintah di internet.

Salah satu kebocoran data yang menggemparkan publik adalah terkait surat – surat Presiden Jokowi, Bjorka mengklaim telah mengantongi surat – surat tersebut dari BIN ke Jokowi dalam beberapa tahun terakhir. Namun, hal tersebut dibantah oleh BIN.

Kemudian, Mahfud MD mengklaim hingga saat ini belum ada rahasia negara yang bocor akibat serangan siber oleh hacker tersebut.

Dia megimbau masyarakat tetap tenang dalam menyikapi berbagai serangan siber yang terjadi karena pemerintah telah melakukan penanganan secara serius.

“Kita akan serius menangani dan sudah mulai menangani masalah ini, tetapi juga masyarakat harus tenang karena sebetulnya sampai detik ini belum ada rahasia negara yang bocor,”ujarnya.

Menko Polhukam tersebut membandingkan serangan siber oleh Bjorka dengan kasus pemberitaan WikiLeaks yang menimpa Susilo Bambang Yudhoyono saat masih menjabat Presiden RI.

(Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button