Operasi Kalimaya Polda Banten Tekankan Pencegahan Covid 19

Polda Banten menggelar Operasi Patuh Kalimaya mulai Senin 6 Maret 2020 hingga 14 hari ke depan. Sasaran utamanya, selain ketertiban berlalu lintas, juga sosialisasi pencegahan penularan covid-19.

“Cara bertindak kita hanya pre emtif dan preventif saja. Tidak ada penegakan hukum dengan tilang,” kata Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Wibowo, saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Minggu (05/04/2020).

Perbedaan operasi kalimaya dibandingkan tahun sebelumnya memang terlihat melalui cara bertindak pihak kepolisian yang akan dlakukan di lapangan.

Wibowo mengatakan, operasi ini memiliki tujuan yang sama, yakni menyelamatkan nyawa manusia. Terlebih saat ini, seluruh elemen bangsa Indonesia sedang sama-sama berjuang menyelamatkan banyak nyawa dari penyakit covid-19.

“Keselamatan masyarakat adalah tujuan utama Polri. Untuk itu diminta dan dihimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan agar mentaati semua peraturan lalu lintas, patuhi petunjuk petugas dilapangan, sehingga lalu lintas jalan benar-benar bermanfaat bagi semua masyarakat,” jelasnya.

Selama Operasi Kalimaya, anggota Satlantas diseluruh Polda Banten, akan mensosialisasikan pola hidup bersih, mengajak masyarakat agar menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolah raga, menjaga jarak saat bersosialisasi hingga menghimbau untuk mengurangi aktifitas diluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak.

Khusus Banten sendiri, berdasarkan pantauan dari website https://infocorona.bantenprov.go.id/ pukul 20.00 wib, tercatat Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 2.610 orang dan yang sudah selesai dipantau sebanyak 726 orang.

Kemudian untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 471 orang. Sebanyak 404 masih dirawat, 39 sembuh dan 28 meninggal. Selanjutnya, orang yang positif covid-19 berjumlah 132 orang, 103 dirawat, 10 sembuh dan 19 meninggal dunia.

“Selanjutnya saya juga menghimbau bagi semua masyarakat agar dapat membantu mencegah penyebaran virus corona dengan menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak aman dengan yang lainnya. Dan menerapkan pola hidup sehat,” terangnya. (Yandhi Deslatama)

Yandhi Deslatama

Berita Terkait