Personel Polda Banten Bersih Jalan Hingga Patroli Ke Rumah Ditingalkan Korban Tsunami

Brimob Nusantara Satgas Aman Nusa II Kalimaya membersihkan jalan untuk kepentingan umum dengan menggunakan alat berat yang berlokasi di Jalan Pasar Kampung Sumur Jaya, Kecamatan Sumur, Sabtu (29/12/2019).

Kapolda Banten, Irjen Pol Tomsi Tohir melalui Dansat Brimob Kombes Pol Reeza Herasbudi kepada awak media membenarkan akan kegiatan tersebut. “Pagi ini kita menurunkan tim untuk melaksanakan kegiatan pembersihan Jalan Raya agar semua akses jalan dapat dilakukan,” kata Reeza.

Reeza menjelaskan, personel Brimob diturunkan sebanyak 24 orang dari Pasukan Pelopor Asessment III dengan menjelajahi membersihkan Jalan umum Pasar, Kampung Sumur Pesisir, Desa Sumber Jaya Kecamatan, Sumur, Kabupaten Pandeglang.

Sebelumnya, Satuan Brimob Nusantara Satgas Aman Nusa II Tsunami Selat Sunda di Kabupaten laksanakan Patroli keamanan dengan menggunakan kendaraan Roda 4 dan Roda 2 di lokasi dengan bencana terkena tsunami, Jum’at (28/12/2018) pukul 21.00 WIB. Kegiatan patroli Keamanan KR 4 dan KR 2 di lokasi yang terdampak bencana alam tsunami untuk mengantisipasi terjadinya tindakan penjarahan dan kriminalisasi di kediaman rumah warga yang ditinggal saat pengungsian.

Kabidhumas AKBP Edy Sumardi P SIK membenarkan atas kegiatan patroli sambang ke rumah-runah warga tertinggal dan posko-posko pengunsian bencana Tsunami dengan menurun sebanyak 18 personel. Dijelaskan Edy untuk kegiatan patroli sambang ini dilakukan wilayah Kecamatan Labuan dan Kecamatan Carita wilayah yang berdampak tsunami.

Baca: Hubungi Call Center Polda Banten, 8 Jenazah Korban Tsunami Belum Teridentifikasi

Kegiatan dipimpin lansung oleh IPDA Rio Adi dengan rangkaian melaksanakan apel pengecekan persiapan patroli dengan sasaran Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang, laksanakan Koordinasi dengan satuan wilayah Polsek Labuan, laksanakan kegiatan sambang masyarakat di Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Banten.

Selanjutkan mengamankan 2 orang pelaku pencurian di perumahan kosong yang ditinggalkan warga karena mengungsi di Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Banten, kemudian diserahkan ke Polsek dan terakhir Kembali ke Poskotis situasi aman terkendali.

Personel Direktorat Sampta Polda Banten di bawah komando Kombes Poj Janrial aktif menggelar patroli ke posko pengungsian dan tempat tinggal korban tsunami di Carita. Pada Hari Jumat, 28 Desember 2018, personil Direktorat Samapta Polda Banten menyisir Posko pengungsian kampung pasanggrahan kecamatan Carita.

“Kami melaksanakan Patroli ke posko pengungsian untuk Mencari informasi tentang data pengungsi yang ada di posko kampung Pasanggrahan Kecamatan Cerita,” kata Dir Samapta Polda Banten Kombes Pol Jondrial.

Dari hasil patroli Direktorat Samapta Polda Banten, Kombes Pol Jondrial mengatakan bahwa Jumlah pengungsi yang ada di posko pengungsian kampung Pasanggrahan berjumlah 1770 jiwa yang di bagi menjadi 55 kelompok kecil.

“Untuk pengungsi yang berada di posko ini terdiri dari 4 kampung yaitu Kampung Karawang, Kampung Sangiang, Kampung Legon, dan Kampung Bingluh, Kebutuhan yang masih diperlukan saat ini adalah Pakaian dalam, Perlengkapan ibadah, Makanan siap saji yang bukan berupa mie dikarenakan jumlah mie sudah cukup banyak, ” ujarnya. (Siaran Pers Humas Polda Banten)

IN Rosyadi

Jurnalis at MediaBanten.Com
Menjadi wartawan sejak tahun 1984 pada Harian Umum (HU) Kompas, kemudian mengundurkan diri pada Agustus 1999 dan menjadi wartawan harian sore Sinar Harapan pada tahun 2001 hingga tahun 2015, saat koran sore ini bangkrut. Pengalaman ini memadai untuk menjadi seorang editor yang mumpuni.

Berita Terkait