Mozaik

PCNU Kab Serang Persiapkan Perayaan Hari Santri Nasional 2022

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Serang saat ini sedang mengonsep Perayaan Hari Santri Nasional (HSN) 2022 yang jatuh 22 Oktober 2022 dan disebutkan sebagai hari bersejarah bagi umat Islam.

Meskipun masih lama, momentum hari santri harus dipersiapan sejak dini dan disambut dengan bersama-sama.

Ketua PCNU Kabupaten Serang, Kiai Muhamad Robi Ulfi mengatakan, momentum HSN harus di sambut dengan bersama sama. Terutama dari kalangan pesantren para Kyai, dan juga para santri.

“Kita merefleksikan kembali makna yang diproklamirkan oleh Habib Syekh Muhammad Hasyim Asy’ari beserta para alim ulama lainnya pada HSN,” ujar Kiai Robi Ulfi saat ditemui di Ponpes Moderat At-Thohiriyah Pelamunan, Kabupaten Serang, Jum’at (26/8/2022).

Kiai Robi Ulfi menjelaskan, bahwa pada HSN akan menggelorakan Resolusi Jihad yang pernah dipertanyakan oleh Presiden RI, Soekarno.

“Waktu itu, Bung Karno pernah menanyakan tentang Resolusi Jihad, kepada para alim ulama. Saat itu, ia bertanya bagaimana hukumnya kita membela negara. Hingga akhirnya merdeka pada 17 Agustus 1945 Hari Kemerdekaan,” jelas Kiyai Robi.

Setelahnya, Presiden RI, Soekarno kembali menanyakan tentang Santri, dan dibuatlah peringatan sebagai HSN.

Namun, kata dia, saat itu para alim ulama NU Jawa Madura tidak langsung menjawab. Tetapi melakukan musyawarah.

“Karena ini waktunya mepet, nah setelah musyawarah berubah full masa’il maka tercetuslah 22 Oktober 2022 sebagai Resolusi Jihad, sebagai Hari Santri Nasional. Dengan melatarbelakangi pecahnya perang sebagai Hari Pahlawan,” jelasnya.

Kiai Robi mengakui, bahwa peringatan HSN adalah awal mula terlibatnya para santri dan Kiai ikut dalam peperangan.

“Apalagi, isi Resolusi Jihad ini mengajak segenap santri segenap Kiai semua rakyat Indonesia wajib fardhu ain hukumnya membela tanah air,” paparnya.

HSN adalah membangun peradaban baru para santri dalam mengisi kemerdekaan. Bahkan harga mati NKRI, dengan optimis pada perang dunia ke-2. Hingga akhirnnya ikut serta dalam kemerdekaan dan kemenangan. (Aden Hasanudin / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button