Hukum

Propam Polres Serang Mendadak Gelar Tes Urine, Ada Apa?

Seksi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Serang secara mendadak melakukan tes urine terhadap puluhan personel dari berbagai satuan kerja, Kamis (16/2/2023). Pelaksanaan tes urine, Seksi Propam bekerjasama dengan Seksi Dokkes.

Kapolres Serang, AKBP Yudha Satria menjelaskan, kegiatan ini merupakan program rutin Seksi Propam dalam penegakan ketertiban dan disiplin (Gaktibplin) personel.

Tujuannya untuk meningkatkan kedisiplinan anggota dan sebagai upaya melaksanakan pembinaan.

“Kegiatan tes urine ini adalah program rutin dalam rangka untuk meningkatkan kedisiplinan anggota dan pembinaan,” kata Kapolres didampingi Kasipropam Ipda Paruhuman Rangkuti.

Menurut Yudha Satria, kegiatan Gaktibplin terhadap anggota akan terus dilaksanakan secara berkala, baik yang bertugas di Polres maupun jajaran Polsek. Sehingga, setiap personel selalu dalam keadaan siap siaga.

Kapolres juga menekankan kepada personel agar mematuhi aturan yang mengikat sebagai anggota Polri, jangan berbuat kesalahan yang dapat merusak institusi Polri.

“Kepada seluruh personel saya tekankan untuk menghindari penyalahgunaan narkoba. Saya tegaskan lagi tidak ada toleransi bilamana didapati personel yang terbukti menggunakan narkoba,” tegas Kapolres.

Kapolres bersyukur tes urine yang diikuti jajarannya tidak ditemukan adanya pelanggaran atau penyalahgunaan narkoba oleh personel Polres Serang.

“Kami tegaskan kepada seluruh personel untuk tidak main-main dengan barang terlarang itu,” tandasnya.

Kasi Propam Polres Serang, Ipda Paruhuman Rangkuti menambahkan, kegiatan tersebut dilakukan kepada 21 anggota, baik perwira maupun bintara dari seluruh satuan kerja.

Rangkuti menjelaskan bahwa program rutin gaktibplin juga mencakup pemeriksaan sikap tampang, identitas diri dan KTA, kelengkapan surat-surat kendaraan.

“Adapun hasil tes urine yang telah dilakukan di Polres Serang, tidak ada anggota yang terindikasi mengkonsumsi narkoba. Semua hasilnya negatif,” tambah Rangkuti. (Yono)

Editor: Iman NR

Yono

SELENGKAPNYA
Back to top button