PT ASDP Indonesia Ferry Belum Tetapkan Tes Antigen Bagi Penumpang

PT ASDP Indonesia Ferry hingga kini belum menetapkan tes antigen bagi penumpang di atas kapalnya. Padahal sebentar lagi akan menghadapi puncak arus mudik saat libur natal 2020.

Puncak arus mudik dikhawatirkan menjadi medium penyebaran Covid 19 jika protokol kesehatan tidak diterapkam secara ketat.

“Sejauh ini kami belum ada pemberlakuan secara spesifik,” kata Dirut ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspa Dewi di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, kemarin.

Ira mengaku siap menerapkan tes antigen bagi penumpangnya. Karena itu sudah menjadi peraturan dari pemerintah pusat.

Baca:

Namun yang melakukan tes antigen nantinya dilakukan oleh Satgas Covid-19 atau Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), karena menurut Ira, kedua institusi itu yang memiliki keahlian dan kewenangan melakukan tes kesehatan bagi penumpang.

“Pada prinsipnya apa yang sudah menjadi keputusan pemerintah kita akan mengikuti, karena yang memutuskan pemerintah pusat dan di jalankan pihak terkait, KKP yang akan menjalankan itu,” jelasnya.

Rapid test antigen memerlukan spesimen swab orofaring atau swab nasofaring. Rapid test antibodi menggunakan sampel darah.

Rapid test antigen sering pula disebut dengan swab antigen. Tes ini dinilai lebih akurat dibandingkan tes antibodi karena dapat mengidentifikasi virus dalam sekresi hidung dan tenggorokan. Pemeriksaannya dapat dilakukan di tempat yang mempunyai fasilitas biosafety cabinet.  (Yandhi Deslatama)

Yandhi Deslatama

Berita Terkait