Labkesda Banten Disumbang 2.500 RT PCR Dari Lotte Group

Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Banten mendapatkan bantuan Reverse Transcription-Polymerase Chain Reaction (RT PCR) sebanyak 2.500 unit dari PT Lotte Chemical Group.

Perusahaan kimia di Kota Cilegon itu juga memberikan bantuan sebanyak 30.00p alat kepada BNPB yang disalurkan pada 09 Juni 2020.

Bantuan itu diberikan sebagai bentuk dukungan untuk memerangi virus covid-19 di Indonesia, termasuk wilayah Banten.

Untuk di Banten, pemberian bantuan tersebut sebagai penunjang peralatan, karena Labkesda Banten telah memiliki instrument laboratorium yang memadai untuk melakukan tes PCR Covid-19.

Baca:

Membantu Labkesda

“Kami berharap sumbangan Lotte Chemical akan membantu pemerintah dan masyarakat Banten mengatasi krisis ini,” kata Wakil Presiden Direktur PT Lotte Chemical Titan Nusantara, Jojok Hadrijanto, usai pemberian bantuan di Labkesda Banten, Rabu (17/06/2020).

la menambahkan, Lotte Grup akan menjadi mitra bersama masyarakat Banten saat menghadapi kesulitan, terutama saat ini, untuk bersama-sama memerangi covid-19.

Lotte Chemical menyatakan berharap semua komponen masyarakat Banten dapat mematuhi pedoman pemerintah dengan baik. Keparuhan ini dapat mengatasi virus corona sesegera mungkin dengan sikap optimis.

Plt Kepala Labkesda Provinsi Banten, Ariani Sugiarti menyampaikan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan. Bantuan RT-PCR dibutuhkan alat PCR yang dimiliki Labkesda untuk membantu pengujian sampel swab test.

“Alatnya untuk PCR kita punya 2. Sebenarnya masih kurang karena kita menerima semua sampel dari kabupaten kota se-Banten. Sekarang diamanatkan pemeriksaan swab sebanyak-banyaknya. WHO mengamanatkan pemeriksaan swab minimal satu persen dari jumlah penduduk untuk mengetahui tingkat penularan,” katanya.

Lotte Chemical merupakan group perusahaan dari Korea Selatan (Korsel). Pertama kali memasuki Indonesia melalui PT Lotte Chemical Titan Nusantara pada tahun 2010.

Saat ini ada dua perusahaan yang sudah
beroperasi, PT Lotte Chemical Titan Tbk dan PT Lotte Chemical Titan Nusantara. Perusahaan ini memproduksi bahan baku untuk plastik.

Sedangkan PT Lotte Chemical Indonesia yang berdiri pada tahun 2016 adalah bagian dari rencana ekspansi dan perluasan investasi dari Lotte Chemical. Yaitu membangun pabrik kompleks petrokimia yang terintegrasi senilai US$ 4,4 miliar.

Lokasinya berdekatan dengan pabrik yang ada sekarang. Diharapkan saat beroperasi nanti dapat membantu pemerintah Indonesia mengurangi ketergantungan pada import bahan baku petrokimia pada masa mendatang.

Lottw Chemical juga berencana investasi dalam bisnis PP (polypropylene) compound yang merupakan salah satu komponen utama mobil. (Yandhi Deslatama)

Yandhi Deslatama

Berita Terkait