Resmi Dibuka, Latihan Bersama Pasukan Marinir Indonesia-Pakistan

Latihan Bersama Indonesia-Pakistan Marine Exercixe (Marex) tahun 2019 resmi dibuka di Lapangan Apel Brigif 2 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Senin (18/2/2019). Latihan bersama itu dibuka Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) mewakili Kadis Operasi dan Latihan Angkatan Laut (Kadisopstalal), Laksamana Pertama TNI Abdur Rasyid Kecong.

Materi latihan pasukan marinir Indonesia dan Pakistan ini meliputi operasi darat (taktik satuan kecil), Raid Amfibi terbatas, operasi penanggulangan bencana, operasi sungai, operasi militer dalam medan perkotaan dan operasi pertahanan.

Setelah mengucapkan selamat datang kepada Delegasi Mirinir Pakistan, Asops Kasal menyampaikan, latihan bersama tersebut dilaksanakan tidak hanya untuk meningkatkan profesionalisme Marinir kedua negara, tetapi juga meningkatkan dan memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Pakistan.

Baca: Gashuku dan Sabuk Kehormatan Dan 5 Dankormar di Bhumi Marinir Cilandak

Marinir Exercise 2019 merupakan implementasi hubungan bilateral Indonesia-Pakistan dalam bidang pertahanan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas, profesionalisme dan kerja sama kedua negara sehingga membawa pengaruh dalam rangka memperkuat hubungan Angkatan Laut ke dua Negara. “Saya percaya latihan ini akan mengembangkan hubungan bilateral dan juga mendapatkan efek positif untuk memperkuat hubungan Angkatan Laut ke dua Negara,” tegas Asops Kasal.

Dalam kesempatan tersebut Asops Kasal mengucapkan terima kasih kepada Marinir Pakistan mapun Marinir Indonesia yang terlibat latihan Marex 2019, selain itu agar selalu mengutamakan faktor keselamatan (zero accident) sehingga latihan dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

Sementara itu, Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Mar Danang Wahyu Isbiantoro, M. Tr Hanla., M.M selaku Komandan Satgas Latma Indonesia – Pakistan Marex 2019 mengatakan, Latma Marex 2019 akan berlangsung hingga tanggal 22 Februari 2019 di Kesatrian R. Suhadi Brigif 2 Marinir. (Siaran Pers Dispen Kormar)