Resmob Polda Banten Bubarkan Kerumunan di Alun-Alun Pandeglang

Tim Reserse Mobil (Resmob) Polda Banten membubarkan sekumpulan wargga yang nongkrong menikmati suasana malam di Alun-alun Kota Pandeglang.

Personel Resmob melalui pengeras suara juga menyampaikan imbauan agar masyarakat tetap berada di rumah dan menghindari keramaian.

Pembubaran kerumunan massa ini mengacu pada Maklumat Kapolri dan pemerintah tentang kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam mencegah penyebaran pandemi Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia.

Polda Banten terus melakukan pamantuan lokasi-lokasi yang dijadikan tempat perkumpulan massa.

Langkah Tegas

“Tim Resmob Polda Banten mengambil langkah tegas dengan membubarkan kerumunan warga dan meminta massa untuk segera pulang,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Banten, Kombes Pol Novri Turangga, Rabu (8/4/2020).

Direskrimum itu menyampaikan, kerumunan massa menjadi salah satu penyumbang terbanyak warga terinfeksi virus corona. Ini menjadi perhatian serius Polda Banten.

Karena itu, kata Direskrimum, Polda Banten terus memberikan imbauan agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah, serta menghindari keramaian.

Selain itu, para personel juga menyampaikan imbauan agar masyarakat tidak membuat berita bohong atau hoax karena ancamannya pidana.

intruksi Kapolri

Dikatakan Novri, dalam menjalankan instruksi Pemerintah dan Kapolri untuk meredam penyebaran virus yang berasal dari Wuhan ini, pihaknya telah mengerahkan seluruh personil Ditreskrimum, termasuk Tim Resmob.

Seluruh personel spesialis mengungkap kasus kejahatan ini, kata Novri, telah diperintahkan untuk berpatroli rutin siang dan malam memantau lokasi di seluruh wilayah Polda Banten.

“Jika imbauan pemerintah ini dipatuhi, Insya Allah virus yang mematikan ini bisa segera musnah dan masyarakat bisa beraktifitas kembali dengan tenang,” tandas Dirreskrimum didampingi Ka Team II Kewaspadaan Dampak Penyebaran Virus Corona Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Banten, AKBP Asep Sukandarusman.

Selain menghindari keramaian dan menjaga jarak (social distance), penyebaran virus corona ini bisa dihentikan dengan melakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumi makanan bergizi dan banyak minum air putih hangat, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitiser selepas atau sebelum melakukan aktivitas serta banyak.

“Sekali lagi saya imbau, masyarakat patuhilah imbauan pemerintah. Bilamana mengalami batuk, pilek berkelanjutan serta sesak nafas, segera lakukan pemeriksaan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat,” tuturnya. (Yono)

Berita Terkait