Kesehatan

Sebanyak 2.500 Warga Divaksin Program Kapolri di KBS Cilegon

Buruh, pegawai hingga masyarakat umum mengikuti vaksinasi covid-19 di area PT KBS, dalam program gerai vaksin presisi yang digagas oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Sebanyak 2.500 orang akan divaksin selama dua hari, Selasa-Rabu, 29-30 Juni 2021.

“Vaksinasi dilakukan ke sekitar 2.500 orang, dibagi dua hari. Vaksin diberikan kepada karyawan dan buruh di PT KBS dan perusahaan yang ada di dalamnya. Masyarakat sekitar pelabuhan juga ikut di vaksin,” kata Kepolisian Sektor Khusus Pelabuhan (KSKP) Banten, AKP Imam Wahyu, melalui pesan elektroniknya, Selasa (29/06/2021).

Imam berharap dengan vaksinasi massal sekaligus peringatan HUT Bhayangkara ke-75, bisa mempercepat herd immunity dan menjaga kesehatan masyarakat. Dia meminta, warga tidak termakan hoax yang berseliweran di media sosial (medsos).

“Kegiatan vaksin covid-19 diselenggrakan dalam rangka memutus mata rantai penularannya, yang saat ini terjadi kenaikan cukup signifikan di Kota Cilegon,” jelasnya.

Gerai vaksinasi digelar untuk mempercepat target Presiden Jokowi, sebanyak 1 juta orang per hari di bulan Juli, dan 2 juta orang per hari di bulan Agustus 2021, agar terciptanya herd immunity atau kekebalan komunitas.

Pekerja dan masyarakat yang akan divaksin, mendaftar dulu ke PT KBS, selaku anak perusahaan BUMN. Kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan, terutama sekali negatif covid-19.

Guna menghindari kerumunan dan menjaga vaksinator tidak kelelahan, vaksinasi dibagi tiga gelombang setiap harinya. Di mulai pukul 08.00 wib dan berakhir pukul 15.00 wib.

“Para peserta sebelumnya sudah menginput data dan terdaftar oleh PT. KBS, sehingga bisa langsung melaksanakan vaksinasi,” terangnya.

Di Ciwandan

Seiring meningkatnya kasus positif covid-19, Polsek, Koramil dan Camat Ciwandan, Kota Cilegon, mensosialisasikan prokes di Pasar Kubangsari dan memastikan vaksinasi massal berjalan lancar.

Mereka berharap, masyarakat semakin patuh dan mengetatkan prokes dengan cara diingatkan secara terus menerus. Sehingga meminimalisir paparan virus corona.

“Tadi pagi kita bersama-sama mensosialisasikan prokes di pasar tradisional, baik pedagang maupun pembelinya,” kata Kapolsek Ciwandan, AKP Ali Rahman, melalui pesan singkatnya, Selasa (29/06/2021).

Kemudian ratusan masyarakat di wilayah Ciwandan, Kota Cilegon, mengikuti vaksinasi massal untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan komunitas, untuk memerangi virus corona.

Terlebih, Presiden Jokowi dan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, sedang mengejar target 1 juta vaksin di bulan Juli dan 2 juta vaksin, di Agustus mendatang.

“Pemberian vaksin massal di Puskesmas Ciwandan yang digagas oleh Polres Cilegon, dalam rangka HUT Bhayangkara ke 75,” jelasnya. (Yandhi Deslatama)

SELENGKAPNYA
Back to top button