Sekdes Cihara Dinyatakan Sembuh, Lebak Catat 19 Pasien Positif Covid

Kabar gembira bagi warga di Desa Cihara, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Pasien berinisial A yang menjabat sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) Cihara dinyatakan telah sembuh dari Covid-19 setelah dilakukan perawatan terahir kali di RSUD Banten.

Sekretaris Desa itu dinyatakan positif Covid-19 pada 6 Juni 2020. Status itu disematkan berdasarkan hasil Swab pada 22 Mei 2020. Sebelumnya, setelah dinyatakan terkonfirmasi Covid-19, pasien positif tanpa gejala itu menjalani isolasi mandiri di kediamannya selama enam hari. Kemudian pada 15 Juni 2020, pasien dirujuk ke RSUD Banten dan menjani perawatan sampai 19 Juni 2020.

Setelah dinyatakan sembuh oleh dokter di Rumah Sakit, Sekdes Cihara mengatakan, harus melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Selain itu diharuskan selalu menggunakan masker meski sedang di dalam rumah, istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan menjaga pola makan.

“Alhamdulillah sudah dinyatakan sembuh,” katanya saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp.

Baca:

Sekdes Sudah Dipulangkan

Terpisah saat dikonfirmasi, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lebak Dr Firman Rahmatullah, tidak berbicara banyak. Kata dia, sebagian (pasien positif Covid-19) sudah dipulangkan ke rumah dan sebagian masih dirawat di RSUD Banten.

Namun, saat ditanya soal kesembuhan A yang merupakan Sekdes Cihara, Firman hanya menjawab bahwa awak media sudah mengetahui jawabannya.

“Teman-teman media jaringannya lebih luas, sehingga pastinya informasi yang tadi ditanyakan sudah punya jawabannya,” ujarnya melalui pesan WhatsApp.

Hingga 19 Juni 2020, pukul 15.00 WIB, web siaga covid 19 Kabuapten Lebak memuat jumlah pasien positif covid 19 sebanyak 19 orang. Jumlah itu terdiri dari 1 orang meninggal, 1 orang dinyatakan sembuh dan 17 orang masih dalam perawatan.

Pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 45 orang yang terdiri dari 10 PDP meninggal, 21 PDP dinyatakan aman atau sembuh dan 14 PDP dalam perawatan. Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) adalah 577 orang yang dirinci 42 ODP masih dalam pemantauan dan 535 ODP dinyatakan negatif atau sembuh.

Web Siaga Covid 19 Kabupaten Lebak juga memuat jumlah orang tanpa gejala (OTG. Tercatat 314 orang. Namun jumlah OTG ini tidak dirinci lebih jauh. (Sofi Mahalali)

Sofi Mahalali

Berita Terkait