Aplikasi & OS

Usai Uji Coba di AS, Instagram Rilis Fasilitas Jual Beli Indonesia

Instagram, aplikasi milik Meta (Facebook) merilis fasilitas non fungibel token atau NFT untuk Indonesia setelah diuji coba di Amerika Serikat.

Instagram adalah sebuah aplikasi untuk berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, meneraplkan filter dan membagikannya ke berbagai layanan media sosial,termasuk milik instagram itu sendiri.

Namun,setelah uji coba di Amerika Serikat pada Mei lalu, akhirnya instagram mengumumkan fitur NFT (Non-Fungible Token) sudah tersedia Indonesia.

Kreator bisa mengunggah karya mereka ke platform tersebut. Fitur NFT dirilis pada Jumat (5/8/2022).

NFT adalah sebuah token digital yang ditautkan ke sistem besar blockchain, tidak jauh berbeda dengan beberapa aset mata uang kripto. Bedanya, NFT tidak bisa dipertukarkan, tapi bisa diperjualbelikan.

Non Fungible Token (NFT) merupakan sebuah aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai yang tidak dapat diganti atau ditukarkan.

Setiap NFT memiliki data catatan transaksi di dalam blockchain, data itu berisi tentang siapa penciptanya, harga, dan histori kepemilikannya.

NFT memberikan keamanan penting untuk sebuah karya seni yang dipublikasikan secara online, di mana konten dapat disebar bebas dan dapat diklaim dengan mudah, dan menyebabkan kerugian bagi pembuatnya.

Teknologi NFT dan blockchain yang akan memberikan jaminan bagi seniman atas kepemilikan karyanya.

Tentunya ini merupakan sebuah inovasi bagi seniman digital yang selalu kesulitan dalam melawan plagiarisme dan pencurian kreatif.

Sistem smart contract yang ada pada NFT memungkinkan seniman untuk menuliskan persentase royalti setiap kali karyanya berpindah tangan.

“Dengan adanya fitur NFT di instagram, kami ingin membantu para konten kreator dan komunitas NFT untuk mengambil audiens yang lebih luas, serta memonetisasi koleksi digital mereka” ungkap direktur Meta indonesia, Pieter Lydian.

Pieter Lydian melanjutkan, ke depannya, pengguna instagram di Indonesia juga dapat membagikan dan menampilkan koleksi baik foto dan video mereka sebagai stiker AR di instagram stories.

Pengguna juga diizinkan mengunggah karya non fungible token (NFT) dari blockchain ke instagram melalui fitur ini. Untuk saat ini blockhain hanya mendukung fitur NFT instagram adalah Ethereum, Flow dan Polygon.

Fitur NFT ini bisa menghubungkan instagram ke dompet digital. Lalu kreator dan kolektor bisa memiliih NFT dari dompet digital dan membagikannya di platform tersebut.

Dompet digital sementara ini hanya mendukung untuk tahap awal yakni Coinbase, Rainbow, Metamask dan Trust wallet.

Selain itu,para koleksi NFT juga akan ditandai dengan simbol centang dalam bidang segienam,Simbol tersebut dinamakan “Digital Collectible”

Ketika ada pengguna lain mengklik simbol tersebut,akan muncul informasi soal koleksi NFT tersebut. Seperti informasi pemilik NFT, pembuat NFT,serta deskripsi NFT,jenis blockchain yang digunakan pada NFT,hingga marketplace tempat penjualan NFT tersebut.

Para kreator dan kolektor juga bisa menyetel unggahan koleksi NFT penandaan (tag) ke akun mereka,dan bisa diatur melalui pengaturan privasi. (Abdul Hadi / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button