Wakil Walikota Serang Pimpin Sertijab Sekda di Aula

Wakil Walikota Serang, Silubadri Ushulusin memimpin sertijab Sekda Kota Serang. (Foto: Pemkot Serang)

Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin memimpin serah terima Jabatan Tinggi Pratama (JPT) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang di Aula Setda Kota Serang, Senin (12/10/2020).

Sebelumnya Sekda Kota Serang diisi oleh Tb Urip Henus diganti oleh pejabat PLH yakni Nanang Saefudin yang juga menjabat Kepala Bappeda. Tb Urip Henus sekarang menjabat Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik.

Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin mengungkapkan, pada hari Jumat (9/10/2020) lalu Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melakukan pelantikan JPT dan saat ini dilanjutkan dengan sertijab. Hal ini dikarenakan waktunya juga sudah harus berbuat dan tidak boleh pada pemerintahan ada kekosongan jabatan.

“Apalagi Sekda itu objek vital, jabatan yang tidak boleh ada stagnan,” kata Wakil Walikota Serang.

Baca:

Ia berharap, dengan sertijab ini bisa cepat beradaptasi. Wakil Walikota Serang juga meyakini Tb Urip Henus bisa tetap semangat membawa Kota Serang yang lebih baik.

“Terkait tentang PLH pak Nanang cepat bisa beradaptasi, bisa menjalankan tugas-tugas sebagaimana mestinya dan harus mampu melebihi kepiawaian pak Urip,” jelasnya.

Rotasi mutasi jabatan bukan hal yang baru dan hal yang tabu untuk seorang ASN. “Sudah biasa sebagai ASN tukar-tukar jabatan. Saya berharap dengan sertijab ini bisa cepat beradaptasi karena kita sadari bahwa hari ini dan besok ada rapat bersama yang membahas anggaran perubahan,” katanya.

Plh Sekda Kota Serang Nanang Saefudin menyampaikan, sebagai PLH sudah diamanatkan layaknya menjalankan fungsi Sekda. Kata dia, jika merujuk pada UU 23 tahun 2014 pasal 213 ayat 2 tugas sekda ada 3.

Pertama, menyusun kebijakan dan membantu menyusun kebijakan kepala daerah. “Kebijakan itu ada Perda, perwal, Kepwal ada surat-surat. Tentu kebijakan itu harus dikaji secara matang. Aspek hukum, aspek sosial, aspek ekonomi dan aspek-aspek lainnya,” kata Nanang.

Yang kedua, fungsi Sekda itu adalah mengkoordinasikan seluruh OPD di dinas-dinas badan, bagaimana pelayan pemerintahan baik dari sisi perencanaan pengaanggaran, pelaksanaan kegiatan bisa terjadi harmonisasi.

Ketiga, pelayanan administratif kepada walikota dan wakil walikota. “Tapi intinya saya seorang ASN harus siap di tempatkan dimana saja, tugas PLH nantikan setelah ini ada penunjukan pejabat sekda, kita juga berharap ada Open bidding secepatnya supaya tidak ada penafsiran yang bermacam macam,” jelasnya.

“Saya kan baru hari ini sertijab tentu saya akan berkoordinasi dengan kepala BKPSDM, tapi intinya saya tidak ingin berlama-lama, lebih cepat lebih baik, siapa pun nanti sekda definitif yaitulah pilihan walikota dan wakil walikota,” tambahnya. (Tu Pimpinan dan Protokol Pemkot Serang)

Next Post

Zona Covid Oranye, Disdik Kota Tangerang Siapkan Belajar Tatap Muka

Sen Okt 12 , 2020
Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang tengah menyiapkan skema belajar tatap muka. Setelah zona Covid 19 kota ini turun dari zona merah menjadi zona oranye. “Skenario belajar sudah kita siapkan, tinggal tunggu pembinaan dari Pemda nanti juga konsultasi ke Pemerintah Pusat,” ujar Jamaludin, Plh Kadisdik Kota Tangerang saat dihubungi melalui telepon, […]
Wakil Walikota Serang, Silubadri Ushulusin memimpin sertijab Sekda Kota Serang. (Foto: Pemkot Serang)