Hukum

Warga Desa Koper Tewas Terlindas Dump Truk di Jalan Cikande

Manda Oktaviani (15 tahun) warga Desa Koper, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang meninggal dunia terlindas kendaraan dump truk, sedangkan rekan korban hanya mengalami luka-luka.

Peristiwa kecelakaan ini terjadi di Jalan Raya Cikande – Rangkasbitung, tepatnya di Kampung Pasar Lama Cikande, Kecamatan Cikande, Rabu (29/5/2024). Jasad korban selanjutnya dievakuasi ke RSUD dr Drajat Prawiranegara.

Kasatlantas Polres Serang, AKP Tiwi Afrina melalui Kanit Gakkum Ipda Sandhi Pribadi menjelaskan sebelum mengalami musibah motor Honda Vario A 5604 HX yang dikendarai Muhammad Mujeni (15 tahun) membonceng korban, berjalan dari arah Rangkasbitung.

“Setiba di tempat kejadian, Mujeni menyalip dari sisi kiri jenis kendaraan dump truk yang belum diketahui identitasnya,” kata Shandy Pribadi.

Entah apa penyebabnya, pada saat menyalip dari sebelah kiri, kata Kanit, motor yang dikendarai Mujeni tergelincir dan jatuh ke sisi kiri jalan. Namun naas, tubuh gadis remaja itu terjatuh ke sebelah kanan hingga terlindas oleh kendaraan yang hendak didahuluinya.

“Tubuh korban terlindas ban bagian kiri belakang dan tewas di lokasi dengan kondisi tubuh mengenaskan. Jasad korban selanjutnya kami evakuasi ke RSUD untuk proses penyelidikan. Untuk identitas kendaraan truk masih lidik,” jelasnya.

Kanit Gakkum mengimbau kepada pengendara, khususnya roda dua untuk tidak mendahului kendaraan dari sisi kiri. Alasannya, selain tidak diperbolehkan juga banyak kendaraan yang parkir pada badan jalan.

“Jika akan mendahului kendaraan, pastikan dalam posisi aman tidak ada kendaraan lain yang melaju dari arah berlawanan. Ikuti rambu-rambu lalulintas serta perhatikan kecepatan kendaraan,” tandasnya.

Ada beberapa aturan lain juga tak tertulis yang setidaknya wajib kamu hormati dan patuhi. Di antara menyalip kendaraan berukuran besar, misalnya truk gandeng, dump truck, hingga bus.

Bagi beberapa pengendara, menyalip truk memang tak semudah yang dibayangkan. Ukuran body truk yang super besar, ditambah soal keberanian menyalip, jadi ‘tantangan’ tersendiri.

Tak jarang, saat kita bersiap akan menyalip, truk malah menambah kecepatan.

Seorang warganet dengan akun Facebook Fery Penkly membagikan beberapa tips aman dan sopan menyalip moda transportasi berukuran besar tersebut.

Katanya, jika kamu berniat nyalip truk atau bus, kamu cukup membunyikan klakson sebanyak dua kali diikuti menyalakan lampu jauh atau lampu dim (high beam) dua kali. Termasuk jangan pernah menyalip truk, terutama truk kontainer dari sisi kiri. (Yono)

Editor Iman NR

Yono

SELENGKAPNYA
Back to top button