Hukum

Polres Serang Lakukan Poliran di Kampung Binuang Rawa

Dalam rangka mendukung program Kapolda Banten dalam mengatasi angka pengangguran, Kapolres Serang AKBP Condro Sasongko melakukan kegiatan Polisi Peduli Pengangguran (Poliran) di Kampung Binuang Rawa, Desa/Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang.

Program Poliran yang dilakukan Kapolres alumnus Akpol 2005 ini, yaitu sosialisasi pelatihan ternak bebek petelur pada pemuda Kampung Binuang Rawa. Dalam kegiatan tersebut, Kapolres bekerjasama dengan salah seorang peternak bebek petelur sukses.

“Program kerja ini tujuannya berkaitan erat dengan menjaga kamtibmas. Dengan berkurangnya pengangguran diharapkan dapat menekan angka kriminalitas,” jelas Condro Sasongko, Rabu (28/8/2024).

Menurut Condro Sasongko, budidaya bebek petelor ini dinilai sangat ekonomis dalam mengentaskan angka pengangguran. Selain mudah dikembangbiakkan, daging maupun telor bebek mudah dijual karena banyak diminati di pasaran.

“Jadi budidaya bebek petelor ini sangat efisien dan mudah. Lahan yang dibutuhkan juga tidak begitu besar,” tutur Kapolres.

Di tempat yang sama Hendra, peternak bebek mengatakan cara beternak bebek petelur dinilai lebih unggul dibanding dengan beternak ayam. Ini membuat banyak orang ingin mencoba bagaimana cara beternak bebek petelur dengan hasil ternak yang maksimal.

“Cara beternak bebek petelur perlu disiapkan sebaik mungkin untuk hasil yang menggembirakan dimulai dengan menentukan anggaran, mempersiapkan kandang, pemilihan bibit, perawatan, hingga pemanenan,” terangnya.

Tempat ternak bebek harus berada di lahan yang kering, bersih, dan nyaman untuk bebek. Tempat beternak juga harus mendapat pencahayaan yang cukup.

“Biasanya, beternak bebek dimulai dengan 100 ekor. Untuk kandang bebek, idealnya memiliki ukuran 1m2 untuk dua ekor bebek,” jelasnya.

Hendra mengatakan peternak harus memilih bebek yang sehat dan berasal dari bibit unggul. Untuk bisa menghasilkan telur yang berkualitas, bebek petelur perlu diberikan pakan yang sesuai. Pakan bebek bisa didapat dari toko dalam bentuk konsentrat.

“Pakan bebek juga bisa didapat dari bahan alami lain seperti sayur, biji-bijian, keong, ikan, limbah ayam, serangga, atau campuran lainnya,” terangnya.

Lebihlanjut dikatakan, bebek akan mulai bertelur pada usia 5 sampai 7 bulan. Di awal masa-masa ini, jumlah telur mungkin belum stabil. Bebek akan bertelur setiap hari dan Anda bisa memanennya setiap hari.

“Pada 5 hingga 7 bulan pertama, dalam 100 ekor, Anda mungkin bisa mendapat 30 hingga 50 butir telur. Jumlahnya akan makin bertambah ketika usia bebek mulai lebih produktif,” tutur Hendra. (Yono)

Iman NR

Back to top button