News

Hati – Hati, BMKG Minta Warga Untuk Waspada Hujan Lebat

Hati – hati, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) himbau masyarakat untuk waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan petir di sejumlah wilayah di Indonesia, Kamis (04/05/2023).

Pihaknya memperkirakan Provinsi yang punya potensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Bali, Aceh, Banten, Bangka Belitung, Bengkulu, dan DKI Jakarta.

Selanjutnya Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku Utara, dan Maluku.

Kemudian ada di Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

BMKG pun himbau masyarakat pesisir untuk waspadai potensi banjir rob menyusul adanya fenomena fase bulan purnama yang jatuh pada 5 Mei 2023.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk antisipasi dampak dari pasang maksimum air laut,” kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, sebagaimana dilansir Antara News, Kamis (04/05).

Lebih lanjut, kata dia, berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, diantaranya pesisir Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Banten, dan pesisir utara DKI Jakarta.

Selain itu, kondisi sama pun diprediksi terjadi di pesisir Jawa Barat, pesisir Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY Yogyakarta, NTB dan NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara.

Potensi banjir rob ini berbeda waktu, baik hari dan jam di tiap wilayah, secara umum berdampak pada aktifitas masyarakat di sekitar pesisir dan pelabuhan.

Editor: Abdul Hadi

Abdul Hadi

Back to top button