Wisata

Al Muktabar: Gunakan Pratform Digital Promosikan Pulau Sangiang

Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar menyatakan akan menggunakan platform digital untuk promosikan wisata ke Pulau Sangiang.

Menurutnya, Pulau Sangiang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai obyek wisata unggulan.

“Pulau ini bagus untuk dikembangkan jadi tempat wisata unggulan bersama-sama dengan Walikota Cilegon dan Bupati Serang,“ ungkap Al Muktabar usai melaksanakan aksi bersih-bersih, pelepasan burung dan penyu sepanjang pulau tersebut, Kabupaten Serang, Minggu (14/8/2022).

Al Muktabar mengatakan, pulau berpasir putih itu memiliki panorama pantai yang indah. Memiliki daya tarik wisata yang beragam. Selain itu suasananya aman dan nyaman.

“Sangat cocok untuk tempat wisata unggulan di Provinsi Banten“ katanya. Selain tempatnya indah, lanjut Al Muktabar, di pulau tersebut juga disuguhi dengan makanan bakar ikan dengan disajikan secara bancakan khas Banten.

Menurut Al Muktabar, pihaknya bersama-sama dengan Pemkot Cilegon dan Pemkab Serang akan melakukan promosi pulau yang dikenal dengan pasirnya yang putih tersebut.

“Kami pergunakan platform digital untuk memperkenalkan pulau ini kepada masyarakat,“ katanya.

Tokoh masyarakat Pulau Sangiang, Sopyan Sauri mengatakan, pulau tersebut sudah menjadi tujuan wisata di Kabupaten Serang. Pihaknya berharap, Pemerintah kembali menggalakkan pariwisata ke pulau tersebut.

“Kegiatan wisata bisa menambah pendapatan kami yang sehari-hari bermata pencaharian sebagai nelayan dan petani,“ kata Sopyan.

Sopyan menjelaskan, selama pandemi Covid-19 nyaris tidak ada wisatawan yang datang ke pulau ini. Padahal sebelumnya, obyek wisata ini ramai dikunjungi wisatawan.

Tutur Sopyan, wisatawan datang pada akhir pekan atau hari Libur nasional. Sebelum Pandemi sekitar 30 kapal atau sekitar 500 sd 600 orang berkunjung ke Pulau Sangiang.

“Saat pandemi Covid-19 tahun 2019-2020 nyaris tidak ada kunjungan,“ tandas Sopyan.

Wisata Pulau Sangiang, lanjut Sopyan, sekarang mulai nampak. “Saat ini, sekitar 5 kapal berkunjung ke Pulau Sangiang,“ katanya.

Pulau Sangiang adalah sebuah pulau yang terletak di Selat Sunda, Banten. Pulau ini merupakan salah satu tujuan wisata di Banten.

Jenis wisata yang dapat dinikmati adalah wisata bahari, wisata budaya, wisata ilmiah, wisata diving dan wisata alam.

Kegiatan yang dapat dilakukan di pulau tersebut adalah bersepeda, berkemah, menyelam, memancing, dan berjemur di pantai. (Biro Adpim Banten / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button