Andika Hazrumy Terima Penghargaan Kader Utama Terbaik Karang Taruna

Foto: Pemprov Banten

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meraih penghargaan Adhitya Karya Mahatya Yodha Award 2017, kategori Kader Utama Terbaik Karang Taruna dari pengurus nasional Karang Taruna. Penghargaan untuk Wagub Andika diberikan langsung oleh Ketua Umum PNKT Didik Mukrianto dan disaksikan Menteri Sosial Idrus Marham pada acara Rakernas Karang Taruna yang digelar di Denpasar, Bali, Kamis (25/01/2018).

“Alhamdulillah, tentu saja ini adalah prestasi bagi seluruh kader Karang Taruna di Provinsi Banten,” Kata Wagub Andika yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Karang Taruna Provinsi Banten. Wagub Andika berjanji akan terus mengabdikan dirinya di Karang Taruna di luar tugas utamanya sebagai Wakil Gubernur Banten saat ini.

Menurut dia, Karang Taruna adalah satu-satunya organisasi kepemudaan yang concern-nya membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi persoalan-persoalan sosial di masyarakat. “Sebetulnya ini seiring sejalan dengan tugas pemerintah. Makanya kami di Karang Taruna sekarang akan terus memperkuat kemitraan dengan pemerintah,” ujar Andika didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten Deden Apriandhi.

Wagub Andika mengungkapkan, pengurus Karang Taruna bisa memberikan kontribusi yang jelas bagi pembangunan kepemudaan di Provinsi Banten. Selain itu juga diharapkan ada sinergitas dengan pemerintah untuk membantu dan mendorong keberhasilan program-program. “Memberikan kontribusi untuk mencetak pemuda yang mandiri lewat kewirausahaan, kita punya tunas usaha, Kedepannya Karang Taruna saya harapan bisa mendorong pembangunan kepemudaan yang ada di Provinsi Banten,” ujar Andika.

Baca: Gempa Lebak: Dari Kunjungan Wagub Banten Hingga Hoax Gempa 7,5 SR dan Tsunami

Selain kepada Wagub Andika pada acara yang dihadiri Gubernur Bali Made Mangku Pastika tersebut, penghargaan juga diberikan kepada Plt Walikota Cilegon Edi Ariyadi sebagai Pembina Umum Terbaik Karang Taruna Tingkat Kota dan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya Pembina Utama Terbaik Karang Taruna Tingkat Kabupaten.

Rakernas ke-38 kali ini bertema ‘Menyamabraya, Prsaudara dalam Perbedaan’ tema ini diambil untuk menjadikan Rakernas sebagai momentum kebangkitan para pemuda di tengah isu-isu radikalisme serta isu perpecahan belakangan ini.

“Malam ini saya mencoba mengingatkan kepada teman-teman karang taruna tentang eksistensi dan hakekat karang taruna yang sebenarnya yakni mengedepankan ide dan gagasan dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah rakyat,” ujar Mensos Idrus Marham yang baru bebeapa hari dilantik oleh Presiden Joko Widodo

Rakernas akan berlangsung dari  25 Januari sampai 27 Januari 2018 mendatang diisi dengan berbagi kegiatan selain membahas pokok utama Rakernas yang dihadiri oleh perwakilan pengurus Karang Taruna se-Indonseia tersebut.

Karang Taruna menyerahkan total 49 penghargaan untuk 6 kategori. Pada kategori kader, selain Kader Utama Terbaik dan Kader Utama Terbaik Nasional, juga ada kategori Purna Bakti Utama. Lalu, 3 kategori lainnya adalah masing-masing kategori Pembina Umum Tingkat Provinsi Terbaik, Pembina Umum Tingkat Kabupaten/Kota Terbaik, dan Mitra Kerja Terbaik. (Subag Peliputan dan Dokumentasi Pemprov Banten)

Berita Terkait