Andika: Perlu Diterbitkan Perda Soal Pelestarian Pencak Silat Banten

Ketua Umum DPP PPPSBBI (Persatuan Pendekar Persilatan dan Seni Budaya Banten Indonesia) Andika Hazrumy memandang perlu diterbitkan peraturan daerah (Perda) tentang pelestarian pencak silat di Banten. Perda ini nantinya menunjuk Silat Banten bukan hanya sebagai bela diri dan olahraga, tetapi merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan.

“Meneguhkan Silat Banten sebagai warisan budaya Banten. Budaya harus dijaga, dilestarikan dan dikembangkan dengan baik sehingga terhindar dari kepunahan serta tidak termakan perkembangan global,” kata Andika yang juga Wakil Gubernur Banten, dalam sambutannya pada acara buka puasa bersama PPPSBBI di Mesjid Baitussolihin Cipocok Jaya, Kota Serang, Rabu malam (29/5/2019).

Selaku Ketua Umum PPPSBBI, Andika memandang diperlukan formulasi kebijakan dalam bentuk peraturan daerah untuk melindungi dan melestarikan kebudayaan Banten dimana pencak silat termasuk dalam seni, budaya dan kearifan lokal Banten.

Baca:

Peraturan daerah tentang Pemeliharaan kebudayaan Banten sebagai dasar hukum penyelenggaraan program dan kegiatan pelestarian kebudayaan Banten, diharapkan dapat menjadi dasar penyelenggaraan pelestarian dan perlindungan nilai- nilai budaya.

Menurut Andika, pencak silat bukan saja sebagai keahlian melindungi diri, melainkan juga mengajarkan nilai-nilai luhur. Hal Itu yang menjadi ciri khas seni bela diri pencak silat yang berbeda dengan bela diri pada umumnya.

“Jadi jangan sampai terbalik. Generasi muda Banten belajar seni bela diri yang berasal dari luar negeri, tetapi asing dengan Silat Banten. Sementara itu, orang asing justru sangat intens mempelajari dan mewarisi seni bela diri asal Banten,” katanya.

Di sektor pariwisata, lanjut Andika, seni bela diri silat Banten harus eksis dalam berbagai atraksi guna menjadikan Banten sebagai destinasi wisata unggulan. Khususnya sebagai atraksi wisata minat khusus berbasis budaya. Atraksi bela diri silat dalam event-event wisata harus memiliki nilai diferensial yang tinggi, unik dan berbeda dari wilayah atau daerah lain.

“Karena itu, seni bela diri silat Banten harus menjadi ikon Banten yang menunjukkan identitas dan budaya Banten,” ujarnya. (Siaran Pers Tim Media Wagub Banten)

Berita Terkait