Info Sehat

Begini Cara Alami Meredakan Sakit Gigi Berlubang

Gigi berlubang seringkali menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Ada rasa ngilu, pembengkakan dan memar gusi. Rasa sakit pun menyeba ke pelipis, pipi, rongga mulut hingga sakit kepala.

Biasanya, penderita segera mengonsumsi obat untuk meredakan rasa sakit. Namun konsumsi obat memiliki efek jika berlebihan.

Ternyata ada yang lebih alami untuk meredakan rasa sakit akibat gigi tersebut, meskipun cara ini bersifat sementara. Berikut ulasannya seperti dikutip MediaBanten.Com dari cnnindonesia.com, Jumat (14/10/2022).

1. Ekstrak vanili

Merujuk Cleveland Clinic, ekstrak vanili dapat menjadi obat sakit gigi berlubang karena mengandung alkohol yang dapat mematikan rasa sakit sementara.

Selain itu, kandungan antioksidannya juga dapat membantu menyembuhkan area gigi berlubang yang sakit tersebut.

Caranya, cukup gunakan ujung jari atau bola kapas untuk mengoleskan ekstrak ke gigi dan gusi beberapa kali sehari.

2. Teh peppermint

Obat sakit gigi berlubang alami berikutnya adalah teh peppermint. Sifat menenangkan peppermint dapat membantu menenangkan rasa sakit akibat gigi berlubang.

Anda dapat menggunakan kantong teh peppermint yang diseduh dengan air panas. Setelah kantong teh tersebut tidak terlalu panas, tempelkan secara perlahan pada gigi dan gusi yang terasa sakit.

3. Daun jambu biji

Melansir Healthline, daun jambu biji juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi sakit akibat gigi berlubang.

Daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Daun jambu biji juga memiliki aktivitas antimikroba yang dapat membantu dalam perawatan mulut.

Untuk menggunakannya, Anda dapat mengunyah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu biji yang dihancurkan ke air mendidih untuk membuat obat kumur.

4. Minyak cengkih

Minyak cengkih menjadi salah satu obat gigi tradisional yang telah digunakan sejak dulu. Minyak ini mengandung eugenol yang memiliki fungsi sebagai anestesi alami untuk membantu menghilangkan rasa sakit gigi.

Cara menggunakannya yakni dengan menetesi gulungan kapas dengan minyak cengkih kemudian tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit.

5. Bawang putih

Bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi selanjutnya adalah bawang putih. Bawang putih dipercaya memiliki kandungan antiseptik yang ampuh untuk mengobati sakit gigi.

Cara menggunakannya cukup dengan mengunyah bawang putih di bagian gigi yang sakit. Selain itu, Anda juga bisa menghaluskannya kemudian menempelkannya di bagian gigi yang sakit.

6. Air garam

Garam mempunyai kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri yang ampuh untuk menghilangkan sakit gigi. Selain itu, garam juga berguna untuk menghilangkan bakteri di mulut.

Adapun caranya adalah dengan melarutkan satu sendok makan garam ke dalam satu gelas air hangat. Kemudian gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur-kumur hingga rasa sakitnya menghilang.

7. Es batu

Sakit gigi berlubang juga dapat diatasi dengan es batu. Suhu dingin yang berasal dari es batu mampu mengebaskan saraf gigi dan menghilangkan rasa nyeri akibat gigi berlubang.

Caranya cukup dengan mengompres gigi yang sakit menggunakan es batu selama 10-15 menit.

Demikian sejumlah obat sakit gigi berlubang yang dapat menjadi pilihan. Meski obat alami ini dapat membantu meredakan gejalanya dengan sementara, namun sakit yang muncul akibat gigi berlubang sebaiknya tidak didiamkan terlalu lama.

Apabila tidak ditangani tepat oleh dokter gigi, gigi berlubang berisiko mengakibatkan infeksi baik itu di sekitar gigi maupun gusi. Oleh karena itu, jika Anda mengalami sakit gigi apalagi lubang pada gigi sudah terlihat, segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. (cnnindonesia.com / Editor: Iman NR)

Iman NR

SELENGKAPNYA
Back to top button