Ekonomi

BI Banten Temukan Uang Palsu, Pengawasan Diperketat

Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Bank Indonesia Banten telah menemukan lembaran uang palsu yang masih beredar di masyarakat. Hal itu atas dasar temuan dari masyarakat dan pihak kepolisian.

Kepala Tim Implementasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Daerah (KEKDA) KPW Bank Indonesia Banten, Purwanto mengatakan, bahwa selama bulan September 2022, tercatat temuan uang palsu selama sebanyak Rp100 ribu sebanyak 85 lembar, Rp50 ribu sebanyak 32 lembar.

“Kemudian sisanya pecahan Rp20 ribu, hingga 2 ribu tidak ada temuan uang palsu,” ungkap Purwanto saat menyampaikan materi di acara Economic Outlook 2023, di Hotel Aston Anyer, Cinangka Kabupaten Serang, Jumat (25/11/2022).

Purwanto menjelaskan, dari temuan uang palsu , tidak ada ditemukan uang lembaran baru pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022)

“Untuk yang beredar itu keluaran uang lama.  Dan potensinya masih kecil hal itu juga akan terus diawasi oleh Bank Indonesia,” tegasnya.

Berdasarkan data dari KPW Bank Indonesia, untuk uang tunai dikeluarkan terhitung sejak bulan Januari Hingga September 2022 outflow mencapai Rp9,7 triliun.

Sedangkan untuk total penukaran, kata Purwanto, mencapai Rp 3,4 miliar dan di sebar kas keliling di setiap Kabupaten maupun Kota.

“Alun – Alun Kota Serang, Alun – Alun Kota Cilegon, Alun Alun Pandeglang, dan Alun Alun Rangkasbitung, untuk lokasi penukaran uang dari Bank Indonesia,” tutupnya.

(Aden Hasanudin / Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button