Olahraga

Cristiano Ronaldo Bakal Jadi Cadangan Lagi Lawan Maroko ?

Pelatih Portugal Fernando Santos tidak mau memberikan jaminan Cristiano Ronaldo bakal main sebagai pemain inti di laga Maroko kontra Portugal pada perempat final Piala Dunia 2022.

Timnas Portugal akan melawan Maroko dalam perebutan tiket menuju semifinal FIFA World Cup 2022.

Dengan kondisi Portugal sukses membungkam Swiss 6-1 saat Ronaldo jadi cadangan, peluang main megabintang tersebut di babak semifinal pun tidak terlalu besar.

Kendati, Fernando Santo telah menunjukkan bahwa formasi tanpa Ronaldo bisa menghadirkan kekuatan dahsyat bagi Portugal.

Dia tidak mau memberikan jaminan pemain inti untuk pria 37 tahun tersebut.

“Ronaldo pasti bakal terlibat, semua pemain di bangku cadangan juga bisa dimainkan. Bila mereka tidak jadi pemain inti, mereka bisa masuk sebagai cadangan,” kata Santos, dikutip dari Talksport, Jumat (09/12/2022).

Pelatih Portugal tersebut menekankan bahwa Ronaldo akan selalu punya tempat spesial di timnas Portugal.

Riwayat panjang tentang kehebatan CR7 di dunia sepak bola akan selalu jadi hal positif yang bisa dimanfaatkan oleh Santos.

“Dia adalah salah satu pemain terbaik di dunia dan bermain dengan profesional, lalu menjadi kapten di Portugal,” kata Santos.

“Tetapi hal yang harus kami lakukan adalah memikirkan tim ini secara kolektif,” tambahnya.

Pencapaian terbaik Portugal di Piala Dunia adalah peringkat ketiga pada tahun 1966 dan semifinal di Piala Dunia 2006.

Namun, Piala Dunia 2022 diyakini akan menjadi kesempatan terakhir Cristiano Ronaldo mencoba membawa Portugal untuk juara Piala Dunia.

Cristiano Ronaldo sudah membela Portugal sejak Piala Dunia 2006 dan jadi manusia pertama yang bisa mencetak gol di lima edisi Piala Dunia.

Namun, melihat Portugal mampu menang melawan Swiss, Katia Aveiro selaku kakak dari Ronaldo meminta sang adik pergi dari Timnas Portugal.

Fernando Santos baru memasukkan Ronaldo pada menit ke-74 menggantikan Goncalo Ramos.

Banyak yang mempertanyakan keputusan Fernando Santos mencadangkan sang mega bintang.

Akan tetapi, strategi Fernando Santos terbukti jitu. Portugal berhasil tampil beringas dan memastikan tempat di babak perempatfinal.

Goncalo Ramos yang diturunkan sebagai starter juga tampil bagus pada pertandingan tersebut. Dia mencetak tiga gol atau hattrick pada menit ke-17, ke-51, dan ke-67.

(*/Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button