Kesehatan

Alasan Tiada Anggaran, Pemkot Serang Tak Punya Tempat Isoman

Pandemi covid 19 sudah memasuki tahun kedua. Namun, Kota Serang, sebagai Ibu Kota Banten, belum memiliki tempat khusus bagi pasien isolasi mandiri (isoman). Alasannya, Pemkot Serang terbatas dengan biaya di APBD mereka.

Rumah Susun (Rusun) Margahayu, Kecamatan Kasemen semula direncanakan dijadikan tempat isoman. Rencana itu hingga kini tidak terlaksana.

Padahal kondisi Kota Serang semakin parah dan kini menjadi zona merah penyebaran virus covid-19 dan level 4 PPKM Darurat.

“Sudah bekerjasama dengan Pemprov yang di Margaluyu, hanya memang belum ada tindak lanjut dari provinsi, bagaimana bisa membantu sarana dan prasarana. Karena kalau dibebankan ke pemerintah kota kayanya agak berat,” kata Walikota Serang, Syafrudin, Kamis (21/07/2021).

Selama perpanjangan PPKM Darurat hingga tanggal 25 Juli mendatang, Pemkot Serang masih berkutat dengan pola yang sudah mereka lakukan untuk menangani covid-19, yakni testing, tracing, dan treatmen. Sedangkan pengetatan mobilitas masyarakat, masih dengan cara menyekat jalan utama di Ibu Kota Banten.

Selepas penerapan PPKM Darurat yang berakhir tanggal 25 Juli 2021, Pemkot Serang berencana mulai melonggarkan aktivitas dan perniagaan di Ibu Kota Banten. Rumah makan dan pedagang bisa berjualan hingga malam.

“Yang lain itu sama seperti yang kemarin, hanya memang itu saja penekanannya untuk testing, tracing dan mobilisasi masyarakat dikurangi,” terangnya.

Sebelumnya, pasien yang kesulitan mendapatkan oksigen di Kota Serang, akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya, karena tidak mendapatkan tabung beserta isi oksigennya. Ini dialami salah satu keluarga Najib, yang merupakan warga Ibu Kota Banten.

Rabu malam, 21 Juli 2021, dia berkeliling Kota Serang, namun tak mendapatkan pinjaman atau penyewaan tabung oksigen. Hingga akhirnya, sang kakak mendapatkan oksigen gratis dari Pokja Relawan Banten. Dia berusaha mencari isi ulang, namun tak menemukan yang buka 24 jam.

(Reporter: Yandhi Deslatama / Editor: IN Rosyadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button