Dinkes Kota Tangerang Berikan Bimbingan K3 Kelurahan, Hindari Covid 19

Guna meminimalisir resiko kesehatan maupun kecelakaan di tempat kerja disaat Pandemi Covid-19, Pemkot Tangerang melalui dinas kesehatan setempat menggelar pertemuan penguatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) perkantoran di Aula Al Amanah, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu (18/11/2020).

Acara yang diikuti 104 pegawai tingkat kelurahan ini dibagi menjadi dua hari pelatihan. Mendatangkan narasumber dari Kemenkes dan Lembaga Organizing Training Equipment and Consultant (OTEC) Adventure selaku institusi yang bergerak dibidang penanganan bencana skala nasional.

“Pelatihan kami gelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari jaga jarak, menggunakan masker serta memperhatikan jumlah peserta dengan kapasitas ruangan. Sehingga, pelatihan kami bagi menjadi dua hari dan dua kelompok,” ungkap Kabid SDK Dinkes Kota Tangerang, Sari Nurarofah.

Dalam pelatihan, para peserta diberikan pemaparan terkait keselamatan dan kesehatan kerja di perkantoran di tengah pandemi Covid-19. Para peserta juga diberikan bimbingan bagaimana menangani situasi perkantoran, pada saat terjadinya bencana alam. Sehingga, nantinya diharapkan para peserta mampu menjadi poros penanganan bencana, di tempat kerjanya masing-masing.

Baca:

Krisdiansyah, salah seorang pembicara dari Lembaga OTEC Adventure dalam pemaparannya mengungkapkan dalam penanganan bencana di waktu bekerja sangatlah penting. Para pegawai selain harus mengetahui perlengkapan dan peralatan dalam penanganan bencana ada di mana saja. Peserta juga harus mengontrol dirinya dalam kepanikan saat bencana berlangsung.

“Saat bencana terjadi, pegawai tidak boleh panik, tidak boleh saling dorong, tidak boleh bicara, cukup ikuti alur evakuasi, tidak boleh lari cukup berjalan cepat dengan tetap tenang. Terpenting, tidak boleh kembali ke dalam gedung dengan alasan barang-barang masih di dalam gedung. Sampai, situasi dinyatakan aman,” tuturnya.

Dengan adanya bimbingan teknis k3 ini, diharapkan bisa diimplementasikan sebaik mungkin, diwaktu-waktu yang dibutuhkan. Dengan demikian, penanganan bencana di Kota Tangerang dapat berjalan dengan baik cepat dan tepat. (Rivai Ikhfa)

Next Post

Satpol PP Tangsel Amankan 27 Pasangan Mesum di Ciputat

Rab Nov 18 , 2020
Sebanyak 27 pasangan mesum kembali diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa malam (17/11/2020). Pasangan bukan suami-istri itu diamankan di sebuah hotel wilayah Kecamatan Ciputat. Kepala Seksi (Kasie) Penyelidikan dan Penyidikan pada Satpol PP Kota Tangsel, Muksin Al Fachry mejelaskan, pasangan mesum tersebut kepergok sedang […]