Gubernur Banten Bangga Brigjen KH Syamun Ditetapkan Pahlawan Nasional

Gubernur Banten, Wahidin Halim merasa bangga dan bersyukur dengan ditetapkannya Brigjen KH Syamun sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden RI, Joko Widodo. Rasa bangga dan syukur ini disampaikannya kepada wartawan seusai upacara Hari Pahlawan di Taman Makan Pahlawan (TMP) Ciceri, Kota Serang, Sabtu (10/11/2018).

“Saya sebagai warga Banten dan Gubernur bangga ditetapknya KH Tb Syamun menjadi Pahlawan Nasional. Kebanggaan ini juga saya sampaikan kepada ahli warisnya. Yang harus kita teladani adalah kepemimpinannya, keberaniaannya dan semangat jihadnya untuk membela tanah,” kata Wahidin Halim.

Dengan ditetapknya Brigjen KH Syamsun sebagai Pahlawan Nasional, harus bisa memberikan motivasi kepada warga Banten bahwa apa yang dilakukan Almarhum Brigjen KH Syamsun menjadi teladan. Bedanya, saat ini bukan bagaimana melawan penjajahan, tetapi bagaimana warga bisa meneladani almarhum dalam menghadapi kehidupan dalam generasi milineal sekarang ini.

Presiden RI, Joko Widodo menganugrahkan Gelar Pahlawan kepada enam tokoh di Istana Negara, Kamis (8/11/2018). Di antara tokoh itu terdapat nama Brigjen KH Syamun yang merupakan pejuang kemerdekaan yang menentang kekuasaan Pemerintah Hindia Belanda di Banten.

Baca: Presiden Anugrahkan Gelar Pahlawan Pada KH Brigjen Syamun

Keenam tokoh yang dianugrahkan Gelar Pahlawan oleh Presiden RI itu adalah Abdurahman Bawesdan dari Yogyakarta, Agung Hajah Andi Depu dari Sulawesi Barat, Depati Amir dari Bangka Belitung, Kasman Singodimedjo dari Jawa Tengah, Ir H Pangeran Mohammad Noor dari Kalimantan Selatan dan Brigjen KH Syamun dari Banten.

Penganugrahan Gelar Pahlawan itu melalui Keputusan Presiden RI Nomor 123/TK/Tahun 2018 pada tanggal 6 November 2018. Acara penyerahan ini sebagai bagian dari rangkaian Peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2017.

Sebelumnya, Gubernur Banten H. Wahidin Halim memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Tingkat Provinsi Banten Tahun 2018 yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ciceri Kota Serang, Sabtu (10/11/2018).

Acara berlangsung tepat pukul 10.00 WIB ditandai dengan peletakan karangan bunga oleh Gubernur Banten. Setelah peletakan karangan bunga, Gubernur Banten Wahidin Halim didampingi oleh Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Kapolda Banten Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra, Komandan Korem 064 Maulana Yusuf Kolonel Czi Budi Hariswanto, Komandan Grup 1 Kopassus , Pj. Sekda Banten Ino S. Rawita, Pj. Walikota Serang Ade Aryanto, Wakil Bupati Tangerang Mad Romli beserta unsur Forkopimda melakukan tabur bunga di makam para pahlawan.

Dalam peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 ini, pemerintah melalui Kementerian Sosial telah menetapkan Tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018. Tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah “Semangat Pahlawan di Dadaku”. (Adityawarman)

Next Post

Kejati: Tidak Masalah, Pencatuman Logo Kejaksaan di Pelaksanaan Proyek Banten

Sab Nov 10 , 2018
Kepala Kejaksaan Tinggi Banten, Happy Hadiastuty menyatakan, pencantuman logo Kejaksaan dalam setiap proyek pemerintah tidak menjadi persoalan dengan syarat proyek tersebut memang dimintai pengawalan dan pengamanan sejak awal. “Kalau permintaan pengawalan dan pengamanan proyek itu setelah lelang, ya kami tidak bertanggung jawab. Jadi proyek itu sejak awal harus diekspose di […]
Foto: Subag Peliputan dan Dokumentasi Pemprov