Hayo Ikut Webinar Distan Banten Soal Berkebun Sayur Cepat Panen

webinar Distan banten
webinar distan banten soal berkebun

Dinas Pertanian Provinsi Banten menggelar Webinar Pertanian Bidang Hortikultura bertajuk ‘Berkebun Sayuran Cepat Panen dan Menguntungkan di Era Pandemi Covid-19’ pada esok hari, Jumat (26/6/2020), pukul 13.00 – 15.30 WIB.

Untuk mengikuti atau jadi peserta webinar itu silahkan klik DI SINI . Dan, jangan lupa Zoom Id : 77319583366 serta Password :260620

Narasumber yang akan tampil, di antaranya Kepala Distan Banten Agus M Tauchid, Marketing Representatif PT East West Seed Indonesia (EWSI) Ari Kusharyanto, dan Pelaku P4S Tunas Baru Nurhayat. Webinar ini akan dimoderatori langsung oleh Asep Mulya Hidayat.

“Webinar ini mengajak agar berkebun di rumah. Kan hanya butuh sedikit tanah, bibit dan bahan yang harganya bisa terjangkau,” kata Asep Mulya Hidayat, Sekretaris Dinas Pertanian Banten yang dihubungi MediaBanten.Com, Kamis (25/6/2020).

Baca:

Pandemi Covid

Kondisi pandemi Covid 19 membuat banyak orang tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah. Kondisi ini berpengaruh terhadap kesehatan, keterbatasan bergerak hingga persoalan keuangan.

Hortikultura itu ekonomis dan soft durable, kok. Ada yang cuma sebulan bisa menghasilkan, jadi cepat. Apa lagi kan sekarang banyak orang takut ke pasar, makan pun harus yang sehat. Kalau kita produksi sendiri kan sudah terjamin,” ungkap Asep

Tanaman hortikultura adalah tanaman yang berbasis budidaya kebun. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, tanaman hortikultura tak hanya lingkup tanaman kebun saja. Tapi sudah masuk dalam dunia pembibitan, perbenihan, kultur jaringan, produksi tanaman, hama dan penyakit, serta aspek-aspek lainnya yang menyangkut tanaman dengan budidaya kebun.

Hortikultura merupakan bagian dari agronomi. Namun, berbeda dari agronomi, hortikultura justru memfokuskan peranan budidaya pada jenis tanaman buah, bunga, sayuran, obat-obatan, dan lansekap atau yang kita sebut taman.

Tanaman holtikultura diklasifikasikan terdiri dari tanaman buah-buahan, tanaman sayur, tanaman hias dan tanaman obat.

Beberapa ciri-ciri dari tanaman ini adalah 1. produksi tanaman yang musiman alias tidak selalu ada sepanjang tahun. Misalkan durian, rambutan yang hanya terjadi beberapa bulan dalam setahun.

2. Di beberapa jenis tanaman hortikultura hanya cocok untuk di tanam di beberapa daerah saja. Contohnya jeruk bali, mangga garut, markisa medan dan nanas palembang masuk dalam klasifikasi tanaman hortikultura yang hanya cocok ditanam di daerah-daerah tersebut.

3. mengandung nilai estetika, jadi harus memenuhi kebutuhan masyarakat. 4. Dikenal cepat busuk karena menjadi kebutuhan hidup sehari-hari. (IN Rosyadi)

Berita Terkait