Hujan 30 Menit, Banjir Genangi Perumahan PCI Cilegon

Hanya diguyur hujan selama 30 menit, Perumahan PCI di Kota Cilegon tergenang banjir, Senin (18/5/2020). Intensitas hujan yang tinggi dan drainase yang buruk mengakibatkan air menggenang daerah itu dengan ketinggian 30-50 cm.

Revli (50), warga PCI mengatakan, banjir disebabkan hujan deras. Selain itu, saluran air yang tidak berfungsi, menimbulkan banjir hingga ke pemukiman warga.

Dia berharap, Pemkot Cilegon tanggap terhadap bencana banjir. “Pemerintah itu harus tanggap terhadap bahaya bencana banjir, terlebih di tengah Pandemi Covid-19,” katanya.

Sofya, warga Blok B mengatakan, drainase yang tidak berfungsi membuat genangan air di ruas Jalan Raya PCI, tidak bisa mengalir ke sungai.

Permukiman Rendah

Dikatakan, selain akibat tersumbatnya selokan air, juga akibat selokan di sepanjang ruas jalan raya. Pemukiman warga yang rendah, mengakibatkan tidak bisa menampung air saat hujan.

“Coba saja suruh pihak terkait melakukan pemeriksaan. Drainase di perumahan ini (PCI), umumnya sangat kecil. Selain itu, tidak sedikit warga yang malas membersihkan saluran didepan rumahnya yang tersumbat, ” katanya.

“Permasalahan penyebab banjir ini, sudah sering kami laporkan ke pihak kelurahan,”ujarnya.

Hujan mulai mengguyur Kota Cilegon, pukul 15.30 Wib. Selain merendam perumahan PCI, genangan air setinggi 50 Cm, juga merendam pemukiman warga Link Sambirata, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cobber, dan perkampunga di Link Ramanuju Baru, Kelurahan Citangkil, Kecamatan Citangkil.

Jahuri, Lurah Kedaleman mengatakan, sudah melakukan komunikasi dengan Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Sebelum menerima laporan dan keluhan warga, berdasarkan pemantauan kami langsung dari beberapa lokasi di PCI saat hujan lebat, sudah kami koordinasikan dengan BPBD Kota Cilegon,” terang Jahuri.

Akibat hujan lebat terkait banjir yang menggenangi sejumlah pemukiman warga di Kota Cilegon, Senin (18/5/2020), Kabid BPBD Kota Cilegon, M Afu Mafruh mengakui belum ada menerima laporan dari warga.

“Sampai dengan malam ini, kami belum memperoleh laporan dari warga mengenai adanya genangan air akibat hujan lebat yang sempat mengguyur di Kota Cilegon hari ini, “ujar Afu, Senin (18/5/2020) jam 20.00 Wib. (yusvin)

Yusvin Karuyan

Berita Terkait