Pemerintahan

Jelang HUT Kota Serang, Walikota Rotasi Pejabat Eselon 2, 3 dan 4

Empat hari menjelang HUT Pemerintah Kota (Pemkot) Serang ke-14, sejumlah pejabat di Kota Serang mengalami rotasi. Pelantikan dilalukan di Aula Setda Puspemkot Serang, KSB, Kota Serang. Jumat (6/8/2021).

Walikota Serang Syafrudin mengatakan, beberapa pejabat itu di antaranya 9 orang eselon II, 4 orang eselon III, dan 2 orang eselon IV. “Yang eselon II ini hasil dari uji kompetensi yang dilaksanakan oleh pansel (panitia seleksi-red) selama satu bulan, diketuai oleh pak Sekda,” ucapnya.

Wali Kota menuturkan, ada tujuh posisi jabatan yang mengalami kekosongan. Sebelum jabatan itu diisi oleh peserta yang berhasil melalui mekanisme open bidding, pihaknya mencoba mengisi kekosongan sesuai kompetensi pejabat. Sedangkan sisanya merupakan rotasi biasa.

“Kami merotasi eselon II ini yang pertama bahwa pemerintah kota Serang ini ada tujuh jabatan yang kosong, jadi sebelum tujuh jabatan kosong ini diisi peserta open biding kami mencoba untuk merotasi dulu sesuai kompetensi masing-masing,” ungkapnya.

Kemudian kata Wali Kota, setelah rotasi eselon II tersebut dilakukan, pihaknya akan mempersiapkan proses seleksi terbuka atau open bidding untuk pengisian tujuh kepala OPD yang masih kosong itu. Dirinya berharap, kepada eselon II yang baru dilantik dapat segera menyesuaikan diri dengan jabatan yang diemban kini.

Baca:

“Harapannya kepada para hadirin yang dilantik untuk bisa cepat menyesuaikan diri di kantor masing-masing, kedua dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai tupoksi masing-masing,” katanya.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang Ritadi B Muhsinun menjelaskan, dalam mengisi kekosongan sementara atas tujuh jabatan, Pemkot Serang akan mengisi dengan Pelaksana Tugas (Plt).

“Jadi yang kosong tetap tujuh JTP, yang tujuh itu di Plt kan. Karena kosong belum ada pejabatnya,” jelasnya.

Ritadi menyebut, jabatan yang kosong itu diantaranya Asisten Daerah (Asda) 1, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan. Kemudian Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Lingkungan Hidup Daerah.

Kata Ritadi, untuk mempersiapkan seleksi terbuka atas kekosongan JPT ini, pihaknya akan segera mengirimkan surat Kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk meminta rekomendasi pelaksanaannya.

“Kita usulkan. Kalau dalam rencana agenda kami itu kalau tidak pertengahan atau akhir Agustus ini, sudah melaksanakan tahapan open bidding,” ungkapnya.

Kesembilan pejabat eselon II yang dirotasi oleh Pemkot Serang, diantara lain, Wasis Dewanto yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) kini menjabat sebagai Kepala Dinas UKM Perindustrian dan Perdagangan.

Kemudian, M. Ikbal yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) saat ini sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Anthon Gunawan sebelumnya menjabat sebagai Asisten Daerah (Asda I) kini menjabat sebagai Kepala DP3AKB.

Sementara, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Iwan Sunardi menjadi Kepala DPUPR, Alpeldi yang sebelumnya menjadi Staf Ahli Walikota kini dirinya menjabat sebagai Kepala Dindikbud, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika W Hari Pamungkas berotasi menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Selanjutnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) M. Ridwan menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Akhmad Benbela sebelumnya menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) saat ini menjadi Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kemudian Kepala DP3AKB Toyalis kini menjadi Staf Ahli Walikota. (Reporter: Sofi Mahalali / Editor: IN Rosyadi)

Sofi Mahalali

SELENGKAPNYA
Back to top button