Kota Serang Akan Kerja Sama Dengan Pemerintah Kota di Jepang

Pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan berkerjasama dengan salah satu pemerintah kota di Jepang. Kerjasama itu dilakukan dalam hal penataan ruang dan pengembangan Kota Serang kedepan, Rabu (5/2/2020).

Walikota Serang Syafrudin mengatakan, kerjasama tersebut masih dalam tahap wacana. Pihaknya mengharapkan dari kerjasama nanti, Kota Serang dapat mencontoh salah satu master plan smart city di Jepang.

“Karena saat ini kita pun tengah menunggu refisi Perda RTRW selesai. Jadi nanti kita akan buat master plan Kota Serang ini lebih baik lagi. Sebelum perubahan memang sudah ada master plan. Namun karena RTRW-nya berubah, maka master plannya pasti itu akan berubah,” ungkapnya.

Konsultan Friendship Jepang, Iko Saleh mengatakan, pihaknya menyampaikan rencana tata ruang dan pengembangan Kota Serang. Selain itu, dibicarakan pula rencana kerjasama dengan salah satu Pemerintah Kota di Jepang.

Partnership

“Tadi diberi kesempatan juga partnership kita yang berada di kedutaan besar Indonesia di jepang, berkomunikasi dengan pak Walikota mengenai proses dan rencana kedepannya,” katanya

Iko mengaku, dari konsultan sudah menyampaikan potensial area Kota Serang yang bisa dikerjasamakan dengan Kota yang ada di Jepang. Kendati demikian, pihaknya masih mencari daerah kota tersebut.

“Saat ini memang kita masih mencari daerah kota di Jepang, sebab proposalnya baru kita sampaikan. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama dapat bertemu dan bisa dikerjasamakan apa yang menjadi kepentingan bersama,” ungkapnya.

Iko merincikan, banyak kerjasama yang direncanakan, diantaranya seperti dalam bidang perikanan, dan tenaga kerja. Namun kata Iko, Walikota Serang lebih menitik beratkan paya kaitan penataan Kota Serang menjadi Smary City.

“Hal itu agar dibawah kepemimpinan pak Wali saat ini, Kota serang menjadi kota yang lebih baik lagi dari sekarang,” ujarnya.

Iko membeberkan, Pemerintah Kota di Jepang saat ini tengah mengembangkan teknologi yang bisa dikerjasamakan dengan kota dibeberapa negara di dunia. Kata dia, program tersebut dinamakan frendahip cuty. “Salah satunya di Kota Serang,” kayanya.

Dia memandang, potensi Kota Serang banyak, dan luar biasa. Hanya saja perlu digali, dan dikembangkan. Sehingga Kota Serang dapat menjadi Kota yang lebih baik lagi. Pihaknya berharap, kerjasama ini akan segera dilakukan, minimal sekitar 6 bulan dari diajukannya proposal kerjasama.

“Potensi yang saya dapatkan informasinya seperti peningkatan ketenagakerjaan, dan sekolah kejuruan. Di Jepang saat ini memang sedang dibutuhkan special skill worker,” katanya. (Sofi Mahalali)

Sofi Mahalali

Berita Terkait