Edukasi

Literasi Keuangan Murid SMP dari Mahasiswa Unpam

Kelompok mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang melakukan literasi keuangan kepada murid SMP Islamiyah Serua dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.

Kelompok ini terdiri dari Rahmat Triyono sebagai ketua, Umi Kaltsum, Vanessa dan Nabila. Mereka berasal dari program studi S1 Akuntasi.

Kegiatan ini mereka laksanakan dalam rangka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PMKM), yang merupakan kegiatan sosialisasi untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar

Rahmat Triyonon mengatakan, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman, pengetahuan dan wawasan manajemen keuangan pada murid SMP Islamiyah Serua.

Urgensi dari diadakannya edukasi keuangan pada anak sekolah menengah pertama adalah mendukung pertumbuhan kekayaan finansial, salah satunya para murid mampu menentukan produk investasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.

“Kegiatan edukasi literasi keuangan ini juga bermanfaat sebagai sarana dalam pembelajaran murid SMP dalam menabung, membuat anggaran dan berinvestasi yang pada kemudian hari dapat digunakan untuk ujuan finansial yang lebih besar,” kata Rahmat Triyono, Kamis (3/11/2022).

Kegiatan edukasi literasi keuangan ini telah dilaksanakan pada Hari Kamis, 3 November 2022 pada pukul 09.00-12.00 WIB yang berlokasi di SMP Islamiyah Serua.

Edukasi literasi keuangan ini ditujukan murid SMP Islamiyah Serua sebagai target utama dan guru-guru sebagai tambahan audiens.

Pada awal kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan pembukaan oleh Ketua Pelaksana PKM, Dosen Pembimbing, Kepala SekolahSMP Islamiyah Serua, dan Ketua Yayasan Wiyata Mandala Muslimin.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan motivasi meningkatkan pemahaman literasi keuangan yang dapat menjadi salah satu langkah awal pada anak untuk mengenal mengenai investasi dan pentingnya mengenal investasi sejak dini.

Kegiatan ini telah sukses dilaksanakan dengan antusiasme yang terlihat pada murid dalam mengikuti kegiatan edukasi literasi keuangan ini.

Antusiasme ini ditunjukkan dengan ramainya anak-anak yang menyimak sesi presentasi dan pemaparan materi yang dilakukan oleh anggota kelompok PKM.

Selain itu, para murid tersebut juga sangat aktif dengan mengajukan beberapa pertanyaan ketika sesi tanya jawab.

Materi yang diberikan salah satunya adalah tentang bagaimana pengelolaan keuangan yang baik di mana terdapat enam langkah yang meliputi selalu menyiapkan anggaran keuangan, belajar untuk menabung, menghindari berhutang, membuat catatan keuangan, membuat skala prioritas, dan memiliki bayangan terhadap kehidupan di masa depan.

Kegiatan ini telah sukses dilaksanakan sesuai dengan tujuan edukasi literasi keuangan pada murid SMP Islamiyah Serua.

Harapannya kegiatan edukasi literasi keuangan ini dapat memberikan pemahaman terhadap siswa dan siswi SMP Islamiyah Serua dalam melakukan manajemen keuangan sejak dini. (Rahmat Triyono – Universitas Pamulang / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button