Medical Sciences Group UPH Gelar Solidaritas Kebangsaan Covid 19

Medical Sciences Group Universitas Pelita Harapan (UPH) melakukan gerakan solidaritas kebangsaan #LawanCovid19. Gerakan itu membantu deteksi virus oleh tim peneliti berpengalaman di pusat riset Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN).

Medical Sicens Group UPH merupakan kolaborasi antara UPH, lembaga riset Mochtar Riady Institute for Nanotechology (MRIN) dan Siloam Hospital.

MRIN didirikan oleh Dr. (H.C.) Mochtar Riady pada tahun 2006. Lembaga ini sebuah pusat penelitian berstandar global yang memiliki fasilitas tempat penyimpanan BSL2 dan BSL2+, serta mesin-mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dapat memberikan informasi secara real time. Fasilitas dan peralatan canggih tersebut didedikasikan sepenuhnya untuk mendeteksi virus Covid-19 bagi Indonesia saat ini.

Setiap harinya ratusan test sample dari Siloam Hospitals, dikirim ke fasilitas penyimpanan BSL2+. Selanjutnya RNA (asam ribonukleat) diekstraksi dari setiap sample untuk pengujian Covid-19 di laboratorium pusat penelitian MRIN untuk diuji secara cermat menggunakan mesin PCR. Hasilnya dikirim kembali ke Siloam Hospitals atau Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes).

Kontribusi ini sebagai tindakan nyata Medical Science Group berjuang di garis depan bersama pemerintah menanggulangi penyebaran pandemi Covid-19 untuk ban​gsa kita, Indonesia.

UPH lebih daripada sekedar akademik, melangkah jauh untuk berdampak dan menginspirasi semangat bela negara melalui gerakan solidaritas kebangsaan. Didasari oleh rasa peduli pada sesama dan cinta tanah air yang sangat mendalam, bersatu mencurahkan waktu dan keringat demi mengutamakan pengabdian kepada masyarakat!

Mari lakukan bagian kita untuk #LAWANCOVID19. (Rilis UPH / IN Rosyadi)

Berita Terkait