Menteri BUMN Resmikan Layanan Tiket Penyeberangan Via Online

Layanan tiket bagi penyeberangan berbasis online Ferizy diresmikan Menteri BUMN, Erick Thohir di Terminal Eksekutif Pelabuhan Penyeberangan Merak, Sabtu (25/7/2020). Layanan tiket ini bisa diakses aplikasi atau melaluii website ferizy.com.

Pembelian tiket melalui online sebenarnya sudah diterapkan mulai 1 Mei 2020 di 4 pelabuhan utama yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry. Ke-4 pelabuhan penyeberangan itu Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk. Berdasarkan data Juni-Juli, sebanyak 20.000 pembelian tiket setiap hari. Pada akhir pekan, jumlahnya bisa mencapai 21.000 pembelian tiket.

Menteri BUMN, Erick Tohir mengatakan, Ferizy merupakan bagian dari program digitalisasi ASDP yang dapat mengubah budaya pengguna jasa penyeberangan untuk melakukan reservasi dan pembelian tiket secara online. Melihat gaya hidup masyarakat yang saat ini cenderung bertransaksi secara elektronik, E-ticketing menjadi suatu solusi yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna jasa.

Erick menambahkan, BUMN selaku penyedia jasa wajib memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat sebagai bagian dari world class service. “ASDP salah satunya yang mulai melakukan transformasi, mengubah wajah penyeberangan laut menjadi lebih modern melalui digitalisasi pembelian tiket secara elektronik dengan aplikasi Ferizy,’ ujarnya.

Baca:

Peningkatan layanan

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, peningkatan layanan melalui digitalisasi mau tidak mau harus dilakukan. Tujuannya, agar masyarakat semakin merasa aman dan nyaman menggunakan jasa transportasi publik seperti kapal penyeberangan.

Budi menyambut baik adanya peningkatan layanan yang dilakukan ASDP melalui penyediaan layanan pembelian tiket kapal secara online. Menurutnya, hal ini telah menjadi perhatiannya sejak lama mengingat sering terjadi antrian kendaraan yang cukup panjang. Khususnya, di masa Angkutan Lebaran, Natal-Tahun Baru, dan hari besar lain.

Dengan pembelian tiket secara online, Budi menuturkan, masyarakat kini bisa membeli tiket jauh jauh hari dan dapat merencanakan perjalanannya dengan baik. “PT ASDP pun dapat memprediksi jam-jam puncak, sehingga kepadatan dapat dihindari,” katanya.

Pelayanan online penting mengingat terjadi peningkatan minat masyarakat untuk menyeberang melalui lintasan Merak-Bakauheni. Hal ini seiring dengan sudah tersambungnya tol Trans Sumatera dari Bakauheni sampai Palembang.

Di sisi lain, Budi menambahkan, pembelian tiket secara online dapat meminimalisasi transaksi secara tunai dan tatap muka dengan petugas sehingga lebih aman, cepat dan sehat. (Rivai Ikhfa)

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Next Post

Belajar Kesungguhan Hidup Dari Kisah Nabi Ismail dan Ibunya, Hajar

Sab Jul 25 , 2020
Kisah Hajar dan Nabi Ismail memberi pelajaran kepada kita. Hajar selalu berpikir positif, bahwa Allah pasti akan membantunya. Ia pasrah, namun tetap semangat berusaha sekuat tenaga, dan Tuhan pun memberi hadiah dan karunia, yang besarnya (kadangkala) tidak mesti sebanding dengan usaha (kecil) yang kita lakukan. Oleh: Bahrus Surur-Iyunk *) Meski […]
Menteri BUMN Erick Tohir di Merak