HeadlineHukum

Polda Banten Selidiki Kebocoran Data Guru ASN Tangerang di Vbook

Kepolisian Daerah (Polda) Banten membenarkan tengah menangani kebocoran data guru aparatur sipil negara (ASN) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten yang bertugas di Kabupaten Tangerang.

Penanganan kasus itu dilakukan setelah menerima laporan dari Dindikbud Banten bahwa data guru ASN itu berada di sebuah situs beralamat di https://vbook.pub/documents/format-data-pembuatan-rekening-pdf-42m8q438yko1.

Kabid Humas Polda Banten, AKBP Shinto Silitonga mengatakan, pengaduan atau laporan secara lisan yang dilakukan oleh pejabat pada Dindikbud Banten pada Jumat, kemarin.

“Langsung ditindaklanjuti oleh penyelidik Siber Ditreskrimsus Polda Banten, pengaduan lisan menjadi dasar untuk dilakukan penyelidikan oleh Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Banten,” ucap Shinto, Senin (8/11/2021).

Shinto menjelaskan, kebocoran informasi yang terjadi pada sistem informasi milik pemerintah tentu menjadi concern Subdit Ditreskrimsus Polda Banten untuk dapat ditindaklanjuti dengan rangkaian penyelidikan dan penyidikan sesuai SOP.

“Untuk itu, sejak Jumat (05/11/2021) hingga sore ini, penyelidik Siber Ditreskrimsus Polda Banten terus melakukan komunikasi dan koordinasi intens dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Banten guna mengidentifikasi siapa yang telah membocorkan data tersebut dan apa motivasi yang bersangkutan melakukan hal itu,” katanya.

Shinto mengungkapkan, perbuatan mentransmisikan data privasi secara ilegal masuk dalam perbuatan yang dapat dipidana dalam UU No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Shinto menghimbau agar masyarakat tidak mengunduh link vbook yang tersebar luas di media sosial, karena link tersebut mengandung malware.

“Polda Banten memotivasi para guru yang datanya telah dibocorkan secara ilegal untuk melaporkan ke Polda Banten apalagi yang mengalami teror dari pihak lain pasca kebocoran informasi tersebut,” katanya.

Herdi, Kasi Evaluasi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (TIKPK) membenarkan, pihaknya telah melaporkan atas adanya data pribadi guru yang tercantum di sebuah situs vbook.pub.

“Itu bukan dari web Dindikbud Banten. Insya Allah, keamanan web kami cukup handal, setidaknya terakredetasi A untuk kemanan situs. Kecil kemungkinan kebocoran berasal dari web,” ujarnya.

Ketika tautan link yang memuat data itu diakse pada Senin (8/11/2021), pukul 17.35 WIB, data guru dalam bentuk pdf sudah menghilang. Namun dalam bentuk ful tex masih tercantum.

Web vbook.pub berbahasa Portugis. Ketika dicek melalui Who Is, semua data ditutup, kecuali data DNS. Web ini menyatakan sebagai VBOOK.PUB – Pencarian Dokumen, Perpustakaan e-book terbaik yang dibagikan oleh pengguna kami. (Reporter: Hendra Hermawan / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button