Militer

Ranpur Menkav 2 Mar Hancurkan Lawan di Pantai Jolangkung

Kendaraan Tempur Resimen Kavaleri 2 Marinir atau Ranpur Menkav 2 Mar) TNI AL mengemban misi dari induk pasukan dalam mendukung, memastikan dan menentukan koordinat penghancuran kekuatan lawan di pesisir Pantai Jolangkung, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jumat (25/11/2022).

Kendaraan tempur itu terdiri dai BMP 3F, BTR 50 P(M) dan Kapa K61 untuk menghancurkan kekuatan layan yang terdeteksi.

Prajurit Menkav 2 Mar dalam pengoperasian Ranpur dengan berbekal kemampuan IMMP berkendara, mampu menuntaskan misi lanjutan melakukan serbuan pasukan maupun material tempur sebagai unsur bantuan sesuai sektor penyerangan dan penghancuran kekuatan lawan.

Komandan Pasmar 2, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suherlan meninjau simulasi latihan Satuan Lanjutan II DA/LA dan Uji Nilai Satuan II (Lat LSL II DA/LA, UNS II) serta Lattap Yonif DPK TA. 2022 materi navigasi Ranpur.

Latihan ini merupakan implementasi prajurit Menkav 2 Mar dalam melaksanakan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman.

Wasdal Kavaleri, Letkol Mar Yudha Fahruliyan menyampaikan, latihan ini diharapkan dapat menggugah dan menumbuhkan semangat dalam menjaga dan terus meningkatkan naluri tempur prajurit, sebagai bekal apabila nantinya menghadapi penugasan di medan yang sesungguhnya.

Sebelumnya, prajurit Menkav atau Resimen Kavaleri 2 Marinir (Menkav 2 Mar) mampu menelusuri jejak untuk menghancurkan keberadaan musuh di ketinggian yang bererada di wilayah Gedangan, Malang, Selasa (22/11/2022).

Prajurit Menkav 2 Mar bukan hanya memiliki kemampuan bertempur dengan kendaraan tempur dan kemampuan gerakan perorangan prajurit (Baca: Prajurit Menkav 2 Mar Lacak Musuh di Ketinggian Malang).

Penelusuran keberadaan musuh yang dikemas dalam simulasi latihan Satuan Lanjutan II DA/LA dan Uji Nilai Satuan II (Lat LSL II DA/LA, UNS II) serta Lattap Yonif DPK TA 2022, materi Ilmu Medan Membaca Peta (IMMP) dan sandi jejak (Sanjak).

Prajurit Menkav 2 Mar melaksanakannya dengan target koordinat keberadaan musuh yang akan dihancurkan dengan pengerahan kendaraan tempur jajaran Kavaleri Korps Marinir TNI AL.

(Ahmad Munawir – Menkav 2 Mar / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button