Keuangan

RUPSLB Bank Banten: Berhentikan 3 Direktur dan 2 Komisaris

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Banten yang digelar di Hotel Horizon Ultima Ratu, Kota Serang, Jumat (2/11/2022) memutuskan memberhentikan 2 komisaris dan 3 direktur.

Demikian dikemukakan M Yusuf, Komisaris Bank Banten kepada wartawan dalam pulbic expose usai digelarnya RUPSLB tersebut.

Untuk kepentingan operasional bank, RUPSLB menyisakan komisaris M Yusuf (PNS Pemprov Banten) serta Direktur Operasional dan Transformasi, Denny Sorimulia Karim. Namun belum jelas, apakah keduanya bersifat tetap atau hanya caretaker.

Jajaran direksi yang diberhentikan adalah Direktur Utama Agus Syabarudin, Direktur Bisnis Tj Tasdik dan Direktur Kepatuhan Kemal Idris. Sedangkan jajaran komisaris Komisaris Utama Hasanudin dan Komisaris Independen Media Warman yang habis masa tugasnya.

Komisaris Bank Banten, M Yusuf mengatakan, selain membahas capaian kinerja bank banten, dalam RUPSLB ini membahas penggantian pengurus Direksi dan Komisaris Bank Banten.

Pergantian ini berdasarkan surat yang diterima dari PT Banten Global Development (BGD) selaku pemegang saham pengendali mengusulkan agar 3 jabatan direksi dan komisaris diberhentikan.

“Suratnya tadi pagi, ada 3 jabatan direksi dan komisaris Bank Banten yang diberhentikan,” ungkapnya.

Pemberhentian Direksi dan Komisaris Bank Banten dilakukan dengan tujuan penguatan Bank Banten ke depannya. Sehingga, pemberhentian tersebut berlaku efektif sejak keputusan diambil dalam RUPSLB.

Alasan pemberhentian Komisaris dan Direksi Bank Banten untuk mempercepat akselerasi semua program yang ada di Bank Banten.

Komisaris dan Direksi Bank Banten yang kemarin juga baik, namun pemberhentian ini agar lebih baik lagi ke depannya,” terangnya.

Adapun untuk penganti komisaris dan Direksi bank Banten calonnya dari eksternal yang merupakan hasil open bidding (seleksi terbuka) atau sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Nama nama calon tersebut diajukan ke OJK. Besok, hari Senin, kami serahkan ke OJK. Ada 3 calon, komisaris 2 orang dan 1 orang direktur. Kai juga bicarakan dengan pemegang saham dan stakholder terkait,” ujarnya.

Sebelumnya, beredar pesan WA Agus Syabarudin permohonan pamit dan pengunduran diri sebagai Dirut Bank Banten. Agus selama ini menjabat Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk atau Bank Banten.

Pesan WA ini beredar setelah berlangsunya Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Banten di Hotel Ratu Horizon, Kota Serang, Jumat (2/12/2022).

Agus Syabarudin yang dihubungi MediaBanten.Com membenarkan, pesan WA itu berasal darinya. “Betul. Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bersama membangun kembali kepercayaan publik kepada Bank Banten,” kata Agus.

Dia berharap, apa yang sudah diperjuangkannya untuk kebangkitan Bank Banten dapat dipertahankan ke depan. (Aden Hasanudin)

(Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button