Ekonomi

Sekda Banten Kunjungi Pasar Tani Ramadan di Danau Retensi KP3B

Sekertaris Daerah (Sekda) Banten, Al Muktabar mengunjungi Pasar Tani Ramadan yang digelar di Danau Retensi I, KP3B, Kota Serang, Selasa (26/4/2022).

Pasar Tani Ramadan ini dilaksanakan dalam rangka intervensi pasar murah bagi masyarakat agar mendapatkan harga pangan yang terjangkau menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Kegiatan ini direncanakan berlangsung 3 hari dari Selasa hingga Kamis (26 – 28 / 4/ 2022). Pasar ini ditopang oleh Dinas Pertanian Banten dan Dinas Ketahanan Pangan Banten.

“Pasar Ramadan ini bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan bahan pangan yang murah. Ini terobosan yang bagus di tengah kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran,” kata Al Muktabar.

Kepala Dinas Pertanian Banten, Agus Tauchid mengatakan, Pasar Tani Bazar Ramadan ini merupakan kegiatan penyaluran pangan kepada masyarakat yang dilakukan apabila terjadi potensi fluktuasi pasokan dan harga pangan, baik pada saat harga tinggi di konsumen maupun pada saat harga rendah di petani.

“Kami berharap kegiatan ini sangat membantu warga masayarakat di sekitar KP3B Serang, Para ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten dengan kualitas produk yang dijual juga murah dibawah harga pasar,” katanya.

Beberapa bahan pokok yang dijual dalam kegiatan ini merupakan komoditas strategis seperti beras komersil dijual Rp50.000 / 5 Kg, gula pasir kemasan Rp13.500 / Kg, minyak goreng kemasan Rp23.000 / liter.

Daging ayam dijual Rp34.000 / Kg, telur ayam ras Rp25.500 / Kg, bawang merah Rp32.000 / Kg, bawang putih kating Rp28.000/ Kg, cabe merah keriting Rp48.000 / Kg, cabe rawit merah Rp32.000 / Kg.

Daging sapi dijual Rp115.000 / Kg dan daging kerbau dijual Rp100.000 / Kg.

Pasar Tani Ramadan ini juga menjual produk olahan dari UMKM / KWT yang dibina Dinas Pertanian Banten. Produk itu antara lain keripik singkong, baso daging sapi, baso tahu goreng, peyek, kue – kue kering olahan, nuget ayam, sosis, aneka ikan asin, buah – buahan dan sebagainya.

Pasar Tani Bazar Ramadan ini diikuti 10 peserta retail

Pasar Tani Bazar Ramadan diikuti oleh 10 peserta dari retail dan UMKM, di antaranya Pasar Mitra Tani / TTICD Banten, Snack M2M, Buah-Buahan Endang.

Juga Prima Freshmart, Budeddy’s Keripik, Laukna Kisunda, Saripati Laer, Tahu Baso MIROSO dan Aneka Ikan Laut. (* / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button