Ekonomi

Wabup: Dekranasda Kab Tangerang Segera Bikin Program Kerja

Wakil Bupati (Wabup) Tangerang, Mad Romli meminta Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tangerang Periode 2021-2024 segera merumuskan program kerja yang kreatif dan inovatif.

Hal itu untuk mendongrak sektor usaha khususnya skala menengah dan tradisional yang potensial sehingga bisa ikut bersaing dengan sektor usaha konvensional.

Demikian disampaikan Wabup Mad Romli, saat menghadiri pelantikan Pengurus Dekranasda Kabupaten Tangerang Periode 2021-2024 di Hotel Atria Gading, Kecamatan Kelapa dua, Selasa (21/12/21).

“Saya berpesan agar setelah dibentuk kepengurusan baru, Dekranasda Kabupaten Tangerang bisa segera merumuskan program kerja yang kreatif dan inovatif, utamanya dalam meningkatkan potensi-potensi generasi muda kita, agar bisa lebih kreatif dan aktif dalam berperan di sektor usaha.” ungkap Wabup yang akrab disapa H Ombi.

Mad Romli memaparkan, program krearif dan inovatif Dekranasda sangat penting mengingat upaya dalam mewujudkan masyarakat yang produktif sebagai agenda program pemerintah daerah sejak lama.

Salah satunya, inovasi program peningkatkan kualitas SDM yang menyentuh kepada seluruh elemen masyarakat. Termasuk juga kalangan generasi milenial sebagai ujung tombak tongkat estafet pembangunan daerah yang nantinya, akan bisa bersaing di era globalisasi seperti sekarang ini.

“Menghadapi revolusi industri 4.0, peran Dekranasda sangat strategis dan penting untuk membantu, membina dan memberdayakan para pelaku usaha dalam menciptakan brand image produk yang bisa menjadi identitas dan ciri khas daerah kita, sekaligus juga solusi untuk meningkatkan derajat ekonomi masyarakat kita ke depan”, ungkapnya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Tangerang Priode 2021-2024, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Ketua I, Nina Romli menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan untuk menahkodai Dekranasda Kabupaten Tangerang dan mohon dukungan dan bantuan semua pihak agar program yang disusun nanti bisa berjalan dengan baik.

“Di era new normal Deskranasda Kabupaten Tangerang akan terus bersinergi dengan pemda untuk membangkitkan kembali geliat kegiatan usaha kerajinan. menciptakan terobosan-terobosan baru dalam pemasaran, memberikan pendampingan dalam mencari peluang usaha strategis,” ungkap Wakil Ketua I Dekranasda, Hj. Nina Romli.

Nina Romli mengatakan Dekranasda Kab. Tangerang akan melakukan kerjasama pemetaan dan invetarisasi ulang potensi kerajinan yang ada di Kabupaten Tangerang.

Tujuannya, agar potensi lokal yang menjadi ciri khas daerah bisa tetap terpelihara dan memiliki nilai ekonomis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kadis Perindag Provinsi Banten, Babar Suharso, yang juga Ketua Harian Dekranasda Provinsi Banten mengatakan, Dekranasda harus menjadi wadah strategis sebagai tempat bersama-sama mengolah strategi untuk menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya serta membina penemuan dan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas produk kerajinan.

“Kita menghadapi tantangan persaingan global dengan perdagangan tanpa sekat batas negara. Untuk itu kita harus mampu beraptasi dengan revolusi industri 4.0 sehingga siap untuk berkompetisi langsung dengan produk-produk sejenis dari seluruh dunia” katanya (Reporter: Iqbal Kurnia / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button