Wakapolda Banten Buka Pelatihan Kehumasan Buat Anggota Polisi

Wakapolda Banten Brigjen Pol Tomex Kurniawan membuka kegiatan pelatihan kehumasan kepada anggota Kepolisian Resort (Polres) Serang Kota dan Polres Serang di Aula Mapolres Serang Kota. Kegiatan tersebut diikuti Para Kabag, Kasat, Kapolsek, Humas, Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas, Jumat (18/1/2019.

Wakapolda Banten, Di Dampingi oleh Kombes Sulistyo Pudjo dari Div Humas Polri, Dirbinmas Polda Banten, Kabid Humas Polda Banten, Kapolres Serang Kota dan Kapolres Serang.

Brigjen Pol Tomex Kurniawan mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi dari Promoter Kapolri dan Arahan dari Comander Wish Kadiv Humas Polri tentang manajemen media, yaitu pemahaman dan penguasaan informasi tentang media sosial, dan pengelolaan informasi dokumentasi. “Anggota kepolisian harus mampu bermitra dengan media dan menjadikan media sebagai mitra kerja,” ujarnya.

Sementara Kapolres Serang Kota AKBP Firman Affandi mengatakan, dunia multimedia saat ini menjadi sangat penting dalam membantu tugas kepolisian dalam berinteraksi dengan masyarakat. “Itu penting karena di situ kita bisa menunjukkan kepada masyarakat apa yang sudah kita kerjakan,” katanya saat ditemui di Mapolres Serang Kota, Kota Serang, seusai kegiatan pelatihan multimedia bagi jajaran Polres Serang Kota dan Polres Serang, Jumat (18/1/2019).

Baca: Program Quicks Wins Renstra Polri, Kunjungi KH Abuya Muhtadi di Pandeglang

AKBP Firman menyadari, saat ini banyak kalangan yang terkadang tidak memiliki kesempatan banyak waktu untuk berinteraksi dengan masyarakat lainnya. Akan tetapi masih bisa melakukan komunikasi melalui teknologi.

“Dari situlah kita bisa ekspose kegiatan kita, memberikan informasi yang terbukti kebenaranya. Dengan cara ini pun kita dapat meng-counter (meelawan) informasi tidak benar (hoax) yang dapat merugikan institusi dan negara dikehidupan sehari-hari masyarakat,” ucapnya.

Kapolres Serang Kota menerangkan, kegiatan tersebut dibuka oleh Wakapolda Banten yang memberikan pemahaman akan arti tugas-tugas dari kepolisian. Sehingga kedepannya tugas-tugas yang dilaksanakan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh negara. “Jadi anggota kepolisian hadir setiap saat. Baik itu setiap kejadian-kejadian sampai masyarakat yang membutuhkan bantuan,” ungkapnya.

Kapolres menuturkan, karena tugas kepolisan saat ini sangat kompleks. Ia berharap tugas ini dijadikan sebagai ibadah agar tidak menjadi berat. Ia pun berpesan, agar para Babinkantibas untuk dapat menjaga marwah dari tugas kepolisian dengan baik dan benar.

“Para Babinkantibmas selalu mendengar aspirasi masyarakat tidak Arogan kemudian tidak melakukan pungli, dan para Babinkantibmas dalam melaksanakan tugas harus lebih humanis kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain Wakpolda Banten Kombes Pol Tomex Kurniawan, turut hadir Kabidhumas Polda Banten AKBP Edy Sumardi, Dir Binmas Polda Banten Kombes Pol Oki Waskito, Kapolres Serang Kota AKBP Firman Affandi, dan Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan. (Sofi Mahalali)

Berita Terkait