Tekno

YouTube Perkenalkan Handles, Khusus Untuk Semua Channel

YouTube memperkenalkan sebuah username khusus untuk semua channel yang ada dalam platform mereka.

Username itu mereka sebut sebagai Handles. Handles akan muncul di Shorts, halaman depan channel, hasil pencarian, kolom komentar dan juga postingan di Community.

Untuk konten kreator yang sudah mengatur kustom URL, maka mereka akan mendapatkan Handles berdasarkan custom URL tersebut.

Kemudian untuk channel yang tak punya kustom URL atau yang baru dibuat, akan langsung diminta mengatur Handles begitu fitur itu tersedia paling lambat pada 14 November 2022.

YouTube akan memberikan kustom URL berdasarkan nama Handle yang telah dibuat dengan format baru yakni youtube.com/@username.

Fungsinya masih sama seperti kustom URL sebelumnya yang akan langsung mengarahkan ke halaman channel mereka.

Handles bisa digunakan di seluruh elemen YouTube, dengan konsep yang mirip seperti username pada platform media sosial seperti Twitter, Instagram maupun Tiktok.

Kini, untuk mention channel atau konten kreator lain bakal jauh lebih simpel dan cepat baik di komentar, shorts bahkan deskripsi video.

Pihak YouTube mengatakan bahwa fitur tersebut akan hadir lebih cepat untuk channel dan konten kreator berdasarkan faktor tertentu.

Untuk lebih jelasnya, bisa langsung melihat pada halaman support yang telah disediakan oleh Google di sini.

YouTube sedikit demi sedikit ingin bergeser jadi lebih sekedar platform video streaming. Mereka mulai memasukkan fitur – fitur yang mirip seperti media sosial, terlebih dengan kehadiran Shorts yang ditujukan untuk menyaingi TikTok.

(Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button