Lingkungan

Zaki Dampingi Delegasi Usaid Lihat Sanitasi di Kayu Bongkok

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mendampingi dan menjelaskan pelaksanaan program sanitasi di Desa Kayu Bongkok, Kecamatan Sepatan yang ditinjau oleh Delegasi Usaid atau United States Agency for International Development.

Sejumlah perwakilan delegasi Usaid datang ke salah satu lokasi dari pelaksanaan program sanitasi tersebut di Desa Kayu Bongkok, Kecamatan Sepatan, Rabu (05/04/2023).

Para Delegasi berkesempatan mendapat penjelasan dan didampingi secara langsung oleh Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar untuk mengunjungi sanitasi dan berkeliling ke pemukimaman di sekitar Desa Kayu Bongkok serta berinteraksi dengan warga.

Zaki mengungkapkan, kunjungan dari lembaga yang didirikan Presiden AS Ke-35 John F Kennedey itu untuk melihat progres pelaksanaan program sanitasi dan air minum di Kabupaten Tangerang.

Zaki mengatakan, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Usaid serta Iuwash Tangguh dalam beberapa tahun terakhir.

Kemitraan bertujuan untuk mendukung Pemkab Tangerang dalam meningkatkan layanan penyediaan akses air minum dan sanitasi yang aman bagi seluruh masyarakat.

Menurut Zaki, kolaborasi tersebut telah dimulai dari program Usaid Iuwash, Iuwash Plus, dan berlanjut hingga saat ini dengan Usiad Iuwash Tangguh.

“Lebih dari 10 tahun, sejak tahun 2010, kami (Pemkab Tangerang) menjadi mitra Usaid,” ungkap Zaki.

Zaki menuturkan, dari kunjungan para delegasi Pemerintah AS ini dapat berdampak positif berkelanjutan terhadap pembangunan di bidang sanitasi dan air minum di wilayah masyhur kota seribu satu industri ini. Dalam beberapa tahun terakhir, program tersebut terus dibenahi dan diperbaiki.

“Banyak program di Kabupaten Tangerang seperti Sanitasi Sekolah, Sanitasi Pondok Pesantren, sanitasi berbasis lingkungan dan masyarakat, Gebrak Pakumis serta program-program lainnya yang juga masuk dalam prioritas dan RPJMD Kabupaten Tangerang,” tukas Politisi yang saat ini menjabat Ketua DPD Golkar DKI.

Sementara kunjungan Delegasi USAID dipimpin Joan Condon, Senior Professional Staff, United States Senate Committee on Foreign Relations.

Kunjungan mereka untuk meninjau progres kemitraan Usaid dengan Pemkab Tangerang dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui peningkatan layanan mutu ketahanan masyarakat pada sektor air minum dan sanitasi. (Iqbal Kurnia)

Editor Iman NR

SELENGKAPNYA
Back to top button